• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Modul Akuntansi Berdasarkan Kurikulum 2013 pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Mekanisme Debet dan Kredit untuk Siswa Kelas X Ak Semester Ganjil SMK negeri 1 Jember;

    Thumbnail
    View/Open
    Vityatun Hasanah - 090210301040.pdf (5.206Mb)
    Date
    2015-12-03
    Author
    Hasanah, Vityatun
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Program keahlian akuntansi di SMK merupakan program keahlian yang memuat suatu kompetensi yang harus dikuasai peserta didik baik berupa konsep teori maupun praktek yang harus dilakukan. Peserta didik beranggapan bahwa akuntansi merupakan mata pelajaran yang sulit dan rumit terutama bagi kelas X. Hal tersebut menuntut guru untuk memiliki strategi yang tepat dalam menyampaikan materi secara menarik, salah satunya dengan menggunakan modul pembelajaran. Penerapan Kurikulum 2013 di beberapa sekolah percontohan salah satunya di SMK Negeri 1 Jember tidak diimbangi dengan penyediaan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan dalam K13. Untuk mengatasi hal tersebut guru membuat handout sebagai bahan ajar yang disesuaikan dengan materi. Namun, penggunaan bahan ajar tersebut kurang memberikan hasil yang maksimal yang ditunjukkan dengan siswa kurang antusias dalam menggunakan bahan ajar (handout) tersebut, sering berbicara sendiri saat proses pembelajaran, guru masih harus mengulang-ulang penjelasannya, dan hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Dengan demikian diperlukan pengembangan terhadap bahan ajar yang selama ini digunakan agar lebih menarik, efisien, dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul akuntansi berdasarkan kurikulum 2013 yang menarik, efisien, dan efektif pada kompetensi dasar mendeskripsikan mekanisme debet dan kredit untuk siswa kelas X Ak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan 4-D yang disarankan oleh Thiagarajan yang dimodifikasi menjadai 3-D (define, design, dan ix develop). Ujicoba produk dilakukan sebanyak dua kali (terbatas dan lebih luas) dilakukan setelah tahap validasi modul oleh para validator. Ujicoba terbatas dilakukan pada 10 siswa kelas X Ak 2 dan ujicoba lebih luas dilakukan pada 39 siswa kelas X Ak 3 di SMK Negeri 1 Jember. Model pengumpulan data yang digunakan, yaitu metode angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) Uji tingkat daya tarik media dengan menskor hasil angket respon siswa pada ujicoba terbatas dan lebih luas; (2) Uji tingkat efisiensi media diketahui dari hasil pengamatan dan wawancara peneliti dengan guru pengampu mata pelajaran akuntansi dan siswa kelas X Ak; serta (3) Uji tingkat efektifitas modul dilakukan dengan membandingkan hasil belajar pretest (sebelum menggunakan modul yang dikembangkan) dan postest (sesudah menggunakan modu yang dikembangkan). Hasil validasi tahap II menunjukkan bahwa modul akuntansi berdasarkan kurikulum 2013 merupakan modul (bahan ajar) yang layak untuk diujicobakan dengan rata-rata skor penilaian oleh para validator 80,5%. Kemudian modul tersebut diujicobakan pada ujicoba terbatas dan ujicoba lebih luas, yang hasilnya menunjukkan bahwa modul akuntansi berdasarkan kurikulum 2013 merupakan modul yang menarik, efisien, dan efektif. Pada ujicoba lebih luas diperoleh rata-rata hasil skoring respon siswa terhadap modul tersebut sebesar 83% (sangat menarik); rata-rata nilai hasil belajar peserta didik yang meningkat dari 70,50% menjadi 90,89% dengan waktu belajar lebih sedikit dibandingkan dengan waktu yang dialokasi dalam silabus. Produk yang dihasilkan berupa modul akuntansi berdasarkan kurikulum 2013 pada kompetensi dasar mendeskripsikan mekanisme debet dan kredit yang menarik, efisien, dan efektif ini dapat dimanfaatkan oleh siswa kelas X Ak sebagai bahan ajar dalam mempelajari akuntansi dan dapat dikembangkan pula pada kompetensi dasar lainnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66078
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository