HUBUNGAN ANTARA TEKNIK FINGER PAINTING DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI PAUD JEMBER PERMAI 1 TAHUN 2015
Abstract
Masa perkembangan dan pertumbuhan yang sangat menentukan bagi anak
usia dini dimasa depan diawali dari usia 0-6 atau disebut juga masa keemasan (the
golden age). Terdapat enam aspek perkembangan anak usia dini yang terdiri dari
moral-keagamaan, fisik-motorik, bahasa, kognitif, sosial-emosional, dan seni.
Namun, peneliti fokus pada aspek perkembangan fisik-motorik anak. Hal ini
dikarenakan perkembangan motorik halus anak usia dini, khususnya usia 3-4 tahun di
PAUD Jember Permai 1 Jember masih belum berkembang sesuai dengan indikator
pencapaian tahap perkembangan anak yang terdapat dalam menu pembelajaran
generik revisi 2009, yaitu membuat garis dan dapat menggambar. Salah satu cara
untuk mengembangkan aspek fisik-motorik pada anak usia dini adalah dengan
menggunakan teknik finger painting. Penggunaan teknik finger painting dalam
penelitian ini merujuk pada manfaat teknik finger painting yang dikemukakan oleh
Listyowati dan Sugiyanto (2014), yaitu untuk mengembangkan motorik halus anak.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara teknik finger
painting dengan perkembangan motorik halus pada anak usia dini di PAUD Jember
Permai 1 Jember tahun 2015?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui adanya hubungan antara teknik finger painting dengan perkembangan
motorik halus anak usia dini di PAUD Jember Permai 1 Jember tahun 2015. Adapun
hasil dari penelitian ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi program pendidikan luar
sekolah khususnya program pendidikan anak usia dini