PELAKSANAAN PELAYANAN KARYAWAN DI BIDANG CUSTOMER SERVICE PADA PT. KERETA API INDONESIA (Persero) DAOP IX JEMBER
Abstract
Dalam melaksanakan kegiatan praktek kerja nyata (PKN) pada PT.
Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP IX Jember, di peroleh pengetahuan dan
pengalaman baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Dari kegiatan
PKN ini, maka dapat di ambil kesimpulan sebagai berikut :
1. PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP IX Jember merupakan Perusahaan
yang bergerak dalam bidang Jasa angkutan, dimana setiap penumpang harus
membawa karcis/tiket yang sudah di beli.
2. Untuk memenuhi kompentensi dalam pelayanan tidak hanya knowlage
(pengetahuan) ataupun skill (kemampuan) saja akan tetapi attitude (perilaku)
juga diperlukan dalam pelayanan yaitu 7S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan,
Santun, Semangat dan Siap melayani) yang selalu diterapkan setiap harinya,
karena kepuasan dan kenyamanan pelanggan adalah prioritas PT. Kereta Api.
3. Pemesanan Tiket KA dapat dilakukan :
a. Pembelian langsung pada loket yang sudah disediakan
b. Pembelian melalui online seperti : WEB, Blackberry, Android dengan
mendownload KAI akses atau melalui call center 121
c. Pembelian juga bisa dilakukan di Conter terdekat seperti Indomaret,
Alfamaret, Bank kemudian bisa dicetak melalui CTM pada Stasiun.
4. Pengambilan uang Pembatalan Tiket bisa diambil 1 bulan dari pembatalan
yang sudah diisi dalam formulir berwarna merah. Pembatalan tidak boleh
diwakilkan tanpa adanya surat kuasa.