PELAKASANAAN PROSEDUR AKUNTANSI PEMBERIAN KREDIT USAHA KECIL PT BANK BNI SYARIAH CABANG JEMBER
Abstract
Dari hasilkegiatanPraktekKerjaNyata yang dilaksanakan di PT. BNI SyariahCabangJemberpadabidangprosedurakuntansipelaksanaankreditusahakecil, maka di ambilkesimpulan:
1. ProsedurPermohonanKreditusahakeciliBHasanah
Dalamprosedurini, nasabahmembuatsuratpermohonankreditFotokopi KTP SuamiIstri, FotokopiKartuKeluarga, FotokopiSuratNikah,Fotokopi NPWP (NomorPokokWajibPajak), LegalitasUsaha,Pasfoto 4x6 sebanyak 2 lembarFotokopiAgunan (jaminan). Selanjutnyabagianumumdandiserahkankepimpinancabanguntukdisposisi.Selanjutnyasuratpermohonankredittersebutdiserahkanke unit prosesing
2. ProsedurRealisasiKreditusahakeciliBHasanah
Diterimanyaberkas-berkasdaribagianumumolehbagianprosesingyang dilakukanpengecekandandilakukansurveylapangan, bagianprosesingakanmembuatpembahasantentangsurveytersebutdanmemberikananalisanyakepada unit pengkreditandanpimpinancabanguntukmendapatkanpersetujuan
3. ProsedurPenandatangananAkad Dan Pencairan Dana KreditusahakeciliBHasanah
Nasabahmelakukanakadkreditdihadapannotariesdenganmembawasertifikattanahataubangunan yang asli. Dalamhalini PT. BNI SyariahCabangJembermenerima SKAK (SuratKeteranganAkadKredit),
4. ProsedurPencairan Dana KreditusahakeciliBHasanah
PencairandanaMembukarekening, dengancaranasabahmenyerahkanfotokopi KTP kepadaCustomer Servisedanmengisiformulirpembukaanrekening (FPR).
Memperolehpencairanuangdari unit pencairandancoustumer servicepembukaanrekeningnasabah
5. ProsedurAngsuranKreditusahakeciliBHasanah
Dalamprosedurini, nasabahlangsungmembayarmelaluirekeningtabungansehinggasetiap akhir atau awal bulan unit prosesingmelakukancekterhadaprekeningnasabah, sudahada yang membayaratautidak.