dc.description.abstract | Kreativitas merupakan produk berpikir kreatif seseorang, berpikir kreatif
merupakan suatu proses yang digunakan ketika kita mendatangkan/memunculkan
suatu ide baru. Kemampuan berpikir kreatif siswa salah satunya dapat diukur
dengan pengajuan masalah. Pengajuan masalah (problem posing) adalah
pengajuan atau pembuatan soal matematika oleh siswa berdasarkan stimulus yang
diberikan serta menentukan penyelesaiannya. Pengajuan masalah telah lama
dipandang sebagai suatu karakter aktivitas kreatif atau bakat-bakat khusus dari
berbagai usaha manusia. Kreativitas yang dimiliki setiap orang merupakan potensi
yang sudah ada yang dapat diukur dan dikembangkan.
Tingkat kemampuan berpikir kreatif adalah suatu jenjang berpikir yang
hierarki dengan dasar pengkategoriannya berupa produk berpikir kreatif. Tingkat
penjenjangan kemampuan berpikir kreatif menggunakan aspek-aspek dalam
berpikir kreatif matematis yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Kefasihan
dalam pengajuan masalah mengacu pada banyaknya atau keberagaman masalah
yang diajukan siswa sekaligus dengan penyelesaian benar. Fleksibilitas dalam
pengajuan masalah mengacu pada kemampuan siswa mengajukan masalah yang
mempunyai cara penyelesaian berbeda-beda. Kebaruan dalam pengajuan masalah
mengacu pada kemampuan siswa mengajukan suatu masalah yang berbeda dari
masalah yang diajukan sebelumnya.
Penelitian ini menganalisis terhadap tingkat kemampuan berpikir kreatif
siswa dalam mengajukan masalah matematika berdasarkan kemampuan
matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif dengan instrumen pengajuan masalah (problem posing) dan
pedoman wawancara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode
tes dan metode wawancara. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis
ix
deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis adalah data hasil tes tulis pengajuan
masalah dan hasil wawancara mendalam terhadap jawaban siswa. Kemampuan
matematika siswa di ukur berdasarkan hasil ulangan harian siswa yang belum
diremidi yang berkaitan dengan materi geometri.
Berdasarkan data hasil validasi isi dan konstruksi dengan beberapa
komponen penguji, maka diperoleh bahwa tes tersebut termasuk kategori valid
dengan koefisien kevalidan 4,43. Maka soal tes tersebut dapat digunakan dengan
beberapa revisi sesuai dengan saran revisi yang telah diberikan validator.
Selanjutnya dilakukan uji reliabilitas soal yang di ujikan pada siswa kelas XI-MIA
A SMA Negeri 1 Probolinggo yang berjumlah 20 siswa. Berdasarkan perhitungan
yang diperoleh, menunjukkan bahwa koefisien reliabilitasnya 0,73451
(reliabilitas tinggi) sehingga soal dapat digunakan dan layak diberikan pada
subjek dan instrumen pengajuan masalah yang telah dibuat bisa digunakan untuk
penelitian.
Berdasarkan data hasil tes tulis dan wawancara diperoleh bahwa siswa yang
berkemampuan matematika tinggi yaitu S1 berada pada TKBK 4 (sangat kreatif)
dan S2 berada TKBK 2 (cukup kreatif). S1 memenuhi tiga indikator berpikir
kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan dalam mengajukan masalah. S2
hanya memenuhi dua indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan dan fleksibilitas.
Kendala yang dialami S1 ketika membuat soal yaitu mengingat kembali rumus
yang akan digunakan dan angka-angka yang akan dipilih untuk membuat soal. S2
tidak mengalami kendala apapun dalam membuat soal. Siswa yang
berkemampuan matematika sedang yaitu S3 dan S4 berada pada TKBK 1 (kurang
kreatif). S3 dan S4 hanya memenuhi satu indikator berpikir kreatif yaitu
kefasihan. Kendala yang dialami S3 ketika membuat soal yaitu memilih angkaangka
yang tepat dan takut waktunya tidak mencukupi. Kendala yang dialami S4
sama halnya dengan S1. Siswa berkemampuan matematika rendah yaitu S5 dan
S6 dalam penelitian ini berada pada TKBK 0 (Tidak Kreatif) karena tidak mampu
menunjukkan ketiga indikator berpikir kreatif dalam mengajukan masalah
matematika yaitu kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan. Kendala yang dialami
siswa pada tingkat ini yaitu menyusun kata-kata untuk membuat soal dan rumus
yang digunakan untuk menyelesaikan soal tersebut. | en_US |