Pengaruh Customer Intimacy Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Jember,
Abstract
Pada dasarnya banyak hal yang mempengaruhi loyalitas nasabah di suatu
perbankan, diantaranya yaitu Customer Intimacy yang dilakukan oleh pihak
perbankan tersebut. Customer Intimacy merupakan strategi yang digunakan BRI
Syariah cabang Jember untuk menarik dan menjaga hubungan dalam jangka panjang
agar nasabah tetap loyal dan percaya terhadap BRI Syariah. Strategi Customer
Intimacy yang dilakukan BRI Syariah dengan cara mendekatkan diri kepada semua
nasabah dengan pelayanan yang baik dengan menawarkan produk serba gratis yang
dimiliki BRI Syariah, sehingga dapat membuat nasabah memiliki loyalitas pada BRI
Syariah Cabang Jember tersebut.
Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan berapa besar pengaruh
signifikan Customer Intimacy terhadap loyalitas nasabah BRI syariah cabang Jember.
Sehingga hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga ada pengaruh yang signifikan
Costumer Intimacy terhadap loyalitas nasabah BRI Syariah cabang Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian Korelasi. Penentuan tempat penelitian
menggunakan metode purposive area yaitu di BRI Syariah Cabang Jember. Untuk
menentukan responden penelitian menggunakan metode simple random sampling
yaitu sebanyak 97 responden yaitu nasabah BRI Syariah iB yang aktif dan hanya
memiliki tabungan BRI Syariah iB di cabang Jember. Metode pengumpulan data
yang digunakan terdiri dari metode: angket, wawancara, dan dokumen. Analisis data
yang akan digunakan yaitu analisis inferensial (yang terdiri: analisis garis regresi
sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, dan efektifitas garis regresi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Costumer Intimacy memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah BRI Syariah cabang Jember.
Hasil pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan uji F yaitu Fhitung = 371,409
> Ftabel = 3,941 dengan tingkat signifikan F = 0,000 < α = 0,05. dan koefisien
determinasi (Rsquare) sebesar 79,6%. sedangkan sisanya yaitu 20,4% dipengaruhi
variabel bebas lainnya yang tidak diteliti yaitu variabel produk, promosi, komitmen
dan sebagainya.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Customer Intimacy
yang dilakukan pada BRI Syariah Cabang Jember lebih menekankan adanya
komunikasi yang baik antara pihak bank dengan nasabah, perhatian yang diberikan
pihak bank kepada nasabah, dan menekankan adanya hubungan relasi yang baik
antara pihak BRI Syariah Cabang Jember dengan nasabah. Adanya hal tersebut yang
menyebabkan banyak nasabah yang memiliki rasa loyalitas dan selalu setia untuk
menjadi nasabah di BRI Syariah Cabang Jember..
Adapun saran yang dapat diberikan bagi pihak BRI Syariah cabang Jember
harus mempertahankan strategi yang sudah ada dan juga menambahkan strategi yang
baru yang lebih kreatif dan inovatif. Sedangkan kepada karyawan bank agar tetap
meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan terutama Customer service dan Teller
yang harus diberi pelatihan kembali agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan
lebih baik lagi. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan
penelitian sejenis dengan memasukkan variabel-variebel lain yang belum diteliti
dalam penelitian ini