Show simple item record

dc.contributor.advisorSusanto
dc.contributor.advisorIndah K., Arika
dc.contributor.authorMa’rifah, Faijatul
dc.date.accessioned2015-12-02T08:20:04Z
dc.date.available2015-12-02T08:20:04Z
dc.date.issued2015-12-02
dc.identifier.nim110210101050
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65923
dc.description.abstractMatematika merupakan syarat menyelesaikan permasalahan baik permasalahan dalam dunia pendidikan atau dalam kehidupan masyarakat dulu, sekarang dan masa yang akan datang. Hal tersebut disebabkan fondasi dari pelajaran matematika adalah penalaran. Bila kemampuan bernalar baik maka akan didapatkan penyelesaiaan yang baik pula. Penalaran tidak hanya dibutuhkan para siswa dalam belajar matematika maupun pelajaran lainnya, tetapi sangat dibutuhkan setiap manusia disaat memecahkan masalah maupun disaat menentukan keputusan. Kemampuan penalaran matematika dapat diukur melalui tes, baik tes tertulis maupun tes tidak tertulis. Namun kenyataannya di Indonesia belum banyak berkembang soal-soal untuk mengukur kemampuan penalaran matematika siswa. Pada ujian nasional, soal yang diberikan kepada siswa dalam bentuk pilihan ganda, sehingga dengan cara menebak siswa mampu menjawab. Hal itu menyebabkan kurangnya kreatifitas dan daya nalar siswa. Berkaitan dengan hal di atas, perlu adanya pengembangan paket tes untuk mengukur kemampuan penalaran tersebut. Paket tes yang dikembangkan dalam penelitian ini mengacu pada soal matematika model PISA konten quantity. Paket tes kemampuan penalaran matematika berdasarkan soal model PISA ini dikembangkan berdasarkan pengembangan formative research yang terdiri atas 3 tahapan (self evaluation, prototyping, field test). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis adalah data hasil paket tes. Kegiatan pengambilan data dilaksanakan pada 20-25 April 2015.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPenalaran Matematikaen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PAKET TES KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA BERDASARKAN SOAL PISA KONTEN QUANTITY PADA SISWA KELAS VIII SMPen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record