PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MEDIA GAMBAR DI SDN GAMBOR BANYUWANGI SKRIPSI
Abstract
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan pembelajaran
kooperatif model Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan
media gambar, aktivitas belajar siswa secara klasikal untuk tiap-tiap pertemuan
mengalami peningkatan. Persentase aktivitas siswa pada siklus 1 pertemuan 1 adalah
72,74% masuk kategori aktif. Persentase aktivitas siswa pada siklus 1 pertemuan 2
adalah 74,64% masuk kategori aktif. Persentase aktivitas siswa pada siklus 2
pertemuan 1 adalah 80,47% masuk kategori sangat aktif. Persentase aktivitas siswa
pada siklus 2 pertemuan 2 adalah 84,28% masuk kategori sangat aktif. Sedangkan
persentase hasil belajar siswa pada siklus I adalah 76,2% dan meningkat sebesar
92,86% pada siklus II. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif
model Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media
gambar dapat meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Saran dalam penelitian ini adalah guru hendaknya dapat menggunakan media
gambar dan memanfaatkan media pembelajaran selain dari buku paket yang
digunakan sekolah.