Analisis Minat Penggunaan Mobile Banking Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Yang Telah Dimodifikasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi persepsi mahasiswa tentang minat penggunaan mobile bankinguntuk mendukung aktivitas mereka sehari-hari, dengan menggunakan pendekatan TAM (Technology Acceptance Model). Faktor tersebut diantaranya persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, minat perilaku penggunaan. Serta menambahkan beberapa variabel external yaitu pengalaman, kerumitan, dan gander.
Penelitian ini dilakukan dengan metode survey terhadap minat mahasiswa akan mobile banking di Universitas Jember. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Clustered Random Sampling. Kuesioner dari 120 mahasiswa yang mendapat penawaran layanan mobile banking yang memenuhi syarat sebagai sampel dianalisis dengan menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) pada program AMOS 22,0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengalaman berpengaruh terhadap persepsi kegunaan (perceived usefulness); (2) Kerumitan berpengaruh terhadap persepsi kegunaan (perceived usefulness). (3) Gender tidak berpengaruh terhadap persepsi kegunaan (perceived usefulness); (4) Gender tidak berpengaruh terhadap persepsi kemudahan (perceived ease of use); (5) Persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use) berpengaruh terhadap persepsi kegunaan (perceived usefulness); (6) Persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use) berpengaruh terhadap minat perilaku pengguna mobile banking; (7) Persepsi kegunaan (perceived usefulness) berpengaruh terhadap minat perilaku penggunaan mobile banking. Implikasi dari hasil penelitian ini relevan bagi mahasiswa yang berminat menggunakan mobile banking agar lebih memperhatikan faktor pengalaman dan kemudahan penggunaan. Pengguna mobile bankingdiharapkan untuk lebih yakin dengan menggunakan mobile banking dapat mempermudah aktivitas perbankannya serta mencoba lebih berani untuk mencoba hal yang baru khususnya dalam hal ini mobile banking.