PENERAPAN TARGET COSTING DALAM PENGELOLAAN BIAYA PRODUKSI UNTUK PENINGKATAN LABA PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Produsen Tape Sumber Madu)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk melihat bagaimana penerapan Target Costing
pada produsen tape Sumber Madu dalam mengelola biaya produksinya, sehingga
Sumber Madu dapat memperoleh laba yang diinginkan. Kesulitan Sumber Madu
dalam mengelola biaya dan menghitung laba yang diperoleh merupakan motivasi
awal dari penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan
observasi dan wawancara langsung kepada pemilik dan kepala bagian produksi.
Perhitungan biaya dari Sumber Madu dan perhitungan biaya alternatif dianalisa dan
dibandingkan, untuk mengetahui apakah Target Costing baik diterapkan pada Sumber
Madu.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Target Costing pada
Sumber Madu adalah cocok dan baik diterapkan. Penerapan metode tersebut dapat
meningkatkan laba, sesuai dengan laba yang diharapkan oleh pihak Sumber Madu.
Selain itu Sumber Madu juga dapat mengontrol biaya produksi pada produkproduknya
dengan baik