Show simple item record

dc.contributor.advisorBektiarso, Singgih
dc.contributor.advisorYushardi
dc.contributor.authorAlfiyani, Rina
dc.date.accessioned2015-12-02T07:17:16Z
dc.date.available2015-12-02T07:17:16Z
dc.date.issued2015-12-02
dc.identifier.nim110210102096
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65861
dc.description.abstractFisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau sains yang berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, berupa penemuan, penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta, konsep, atau prinsip, dan penerapan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan pembelajaran fisika di SMA secara umum adalah memberikan bekal pengetahuan tentang fisika, kemampuan dalam keterampilan proses serta meningkatkan kreativitas dan sikap ilmiah dalam pemecahan masalah, sehingga dalam pembelajaran siswa dituntut untuk dapat membangun pengetahuan dalam benak mereka sendiri dengan peran aktifnya dalam proses belajar mengajar. Tetapi kenyataannya, pembelajaran fisika di sekolah masih berpusat pada guru sebagai pemberi pengetahuan bagi siswa. Siswa kurang berperan aktif dalam membangun dan menemukan konsep fisika yang dipelajarinya. Oleh karena itu, perlu diterapkan pendekatan atau metode pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran seperti mengamati dan membuktikan teori atau asumsi melalui percobaan fisika, mengungkapkan gagasan dan kemampuan bertanya salah satunya dengan menerapkan pendekatan pembelajaran SAVI dengan metode eksperimen selama pembelajaran Fisika. a. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji pengaruh penggunaan pendekatan Pembelajaran SAVI dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Fisika di MAN, (2) mengkaji pengaruh penggunaan pendekatan Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) viii dengan metode eksperimen terhadap aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Fisika di MAN. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Jember. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah Independent Sample T-test dengan bantuan software SPSS 16. Analisis hasil belajar menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar fisika kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. hasil analisis data menggunakan uji-t diperoleh nilai Sig. (1-tailed) sebesar 0.0075 atau nilai Sig. < 0,05 dan hasil perhitungan manual diperoleh thitung (2,490) < ttabel (2,000). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hasil yang diperoleh dari analisis skor aktivitas belajar siswa menunjukkan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI dari setiap pertemuan. Dari rata-rata sepuluh aktivitas yang teramati, aktivitas tertinggi adalah merangkai alat dan bahan (89.87%), sedangkan presentase aktivitas terendah adalah merumuskan hipotesis (71.57%). Persentase rata-rata aktivitas siswa dari setiap pertemuan adalah sebagai berikut: pertemuan pertama sebesar 74.80%, pertemuan kedua 88.13% dan pertemuan ketiga 91.08%. Persentase aktivitas siswa secara klasikal diperoleh 84.67%. Apabila persentase aktivitas siswa tersebut disesuaikan dengan kriteria aktivitas siswa, maka aktivitas tersebut termasuk pada kriteria sangat aktif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada pengaruh pendekatan pembelajaran SAVI dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa di MAN. (2) ada pengaruh pendekatan pembelajaran SAVI dengan metode eksperimen terhadap aktivitas belajar fisika siswa di MANen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPembelajaran SAVIen_US
dc.titlePENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUALLY) DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI MANen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record