PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE STRATAGEM DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI SMP 14 JEMBER
Abstract
Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Stratagem Media Audiovisual terhadap
Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja di SMP Negeri 14 Jember; Reza
Riyady Pragita, 112310101042; 2015, 190 Halaman, Program Studi Ilmu keperawatan
Universitas Jember
Remaja dalam masa perkembangannya terjadi perubahan, baik secara biologis,
psikologis maupun sosial, yang umumnya pematangan fisik terjadi lebih cepat dari
proses pematangan kejiwaan atau psikososial. Perubahan alamiah dalam diri remaja
sering berdampak pada permasalahan remaja yang cukup serius. Remaja seringkali
kekurangan informasi dasar mengenai kesehatan reproduksi, dan keterbatasan dalam
mengakses pelayanan kesehatan reproduksi serta terjamin kerahasiaannya. Salah satu
upaya yang mampu menerangkan pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi pada
remaja adalah melalui pendidikan kesehatan. Proses pendidikan kesehatan didasari
oleh ilmu pengetahuan yang memberi kemudahan untuk belajar, baik bagi tenaga
kesehatan maupun bagi pemakai jasa pelayanan, termasuk remaja yang
membutuhkan metode dan media untuk meningkatkan fokus dalam proses belajar
mengajar.
Pendidikan kesehatan metode stratagem media audiovisual merupakan teknik
pembelajaran cooperative berkelompok dengan permainan belajar akademik yang
digabungkan dengan media audio visual yang merupakan media dalam pembelajaran
yang dapat didengar (audio) sekaligus dapat dilihat (visual), sehingga komunikasi
dapat ditangkap melalui indera pendengaran dan indera penglihatan. Pemberian
Pendidikan Kesehatan Metode Stratagem Media Audiovisual diharapkan mampu
meningkatkan pengetahuan remaja mengenai kesehatan reproduksi remaja.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendidikan
kesehatan metode stratagem media audiovisual terhadap tingkat pengetahuan
kesehatan reproduksi remaja di SMP Negeri 14 Jember. Jenis penelitian yang
dilakukan adalah penelitian quasi eksperiment design pendekatan non-equivalent
x
control group. Populasi dalam penelitian ini adalah semua remaja di SMP Negeri 14
Jember yang berjumlah 437 remaja. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Proportional stratified random sampling dengan jumlah
sampel sebanyak 30 sampel dengan 15 remaja kelompok eksperimen dan 15 remaja
kelompok kontrol. Uji statistik yang digunakan adalah wilcoxon rank test dan mann
withney dengan tingkat kepercayaan 95% (α < 0,05).
Hasil analisis karakteristik responden didapatkan remaja yang menjadi
responden rata-rata berusia 15 tahun, dan jenis kelamin remaja perempuan dan lakilaki
seimbang. Hasil penelitian terjadi peningkatan yang sedikit yakni 13,3% pada
kategori baik, dan 33,3% kategori cukup. Hasil uji statistik menunjukkan ada
pengaruh yang bermakna antara pendidikan kesehatan metode stratagem dan media
audiovisual terhadap pengetahuan kesehatan reproduksi remaja di SMPN 14 Jember
dengan p value <0,014 dan adanya perbedaan pengaruh metode pendidikan
kesehatan dengan stratagem media auidiovisual dan metode ceramah terhadap
pengetahuan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di SMP Negeri 14
Jember dengan p value <0,016.
Kesimpulan dari hasil penelitian adalah adanya pengaruh yang bermakna
antara pendidikan kesehatan metode stratagem dan media audiovisual terhadap
pengetahuan kesehatan reproduksi remaja di SMPN 14 Jember dan ada perbedaan
pengaruh antara pendidikan kesehatan dengan stratagem media auidiovisual dan
metode ceramah terhadap pengetahuan kesehatan reproduksi remaja di SMP Negeri
14 Jember. Hasil ini menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan dengan metode
stratagem media audiovisual dapat diberikan kepada remaja untuk meningkatkan
pengetahuan remaja mengenai kesehatan reproduksi remaja. Rekomendasi penelitian
ini adalah membentuk kelompok peduli kesehatan reproduksi remaja yang berperan
aktif dalam pencegahan masalah kesehatan reproduksi remaja dengan metode
cooperative.
Collections
- UT-Faculty of Nursing [1548]