Show simple item record

dc.contributor.advisorBektiarso, Singgih
dc.contributor.advisorPrihandono, Trapsilo
dc.contributor.authorKhoriatin
dc.date.accessioned2015-12-02T06:57:43Z
dc.date.available2015-12-02T06:57:43Z
dc.date.issued2015-12-02
dc.identifier.nim110210102050
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65837
dc.description.abstractIlmu Pengetahuan Alam (IPA) yang juga dikenal dengan istilah sains merupakan cabang ilmu pengetahuan yang berawal dari fenomena alam yang terdiri dari dua kombinasi unsur utama, yaitu proses dan produk. Pembelajaran IPA mengharapkan siswa tidak hanya menguasai kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga melakukan suatu proses sains untuk membangun pengetahuannya sendiri. Namun, pembelajaran IPA yang menekankan proses sains tampaknya belum dapat dicapai secara optimal. Berdasarkan data PUSPENDIK tahun 2014 diketahui bahwa ratarata nilai Ujian Nasional (UN) mata pelajaran IPA SMP Negeri di Kabupaten Jember belum mencapai angka 8. Fakta yang mendasari kurang optimalnya perolehan nilai UN untuk mata pelajaran IPA antara lain dikarenakan pemilihan strategi pembelajaran yang kurang menekankan pada proses sains, sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna dan pengetahuan yang diperoleh hanya menjadi ingatan jangka pendek. Oleh karena itu, diperlukan pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik IPA, salah satunya adalah model project based learning. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengkaji pengaruh model project based learning terhadap aktivitas belajar IPA-fisika siswa SMP Negeri di Kabupaten Jember, dan (2) mengkaji pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar IPA-fisika siswa SMP Negeri di Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen, dengan pola random post-test design. Penentuan daerah penelitian menggunakan metode purposive sampling area. Pengambilan sampel pada penelitian ini ditentukan melalui 3 tahap, yaitu: (1) pengambilan SMPN 7 Jember sebagai sampel sekolah yang viii ditentukan dengan metode purposive sampling, (2) pengambilan kelas VIII sebagai sampel kelas yang ditentukan dengan metode purposive sampling, serta (3) pengambilan kelas VIIIA dan VIIID sebagai sampel siswa yang ditentukan dengan metode cluster random sampling. Pengambilan sampel siswa dilakukan secara random dari sampel kelas yang sebelumnya telah diuji homogenitasnya dengan uji ANOVA. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini antara lain observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisis data untuk menjawab permasalahan pertama menggunakan persentase aktivitas belajar siswa dan kemudian diuji secara statistik dengan bantuan software SPSS 16.0 menggunakan independent sample t-test dengan uji pihak kanan. Sedangkan, untuk menjawab permasalahan kedua hanya dilakukan analisis statistik menggunakan independent sample t-test. Hasil analisis deskriptif terhadap aktivitas belajar siswa diperoleh rata-rata nilai aktivitas belajar siswa kelas eksperimen sebesar 77,90 dengan kategori aktif, sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata nilai 47,27 dengan kategori cukup aktif. Hasil pengujian hipotesis penelitian pertama menggunakan independent sample t-test diperoleh nilai Sig. t-hitung (1-tailed) sebesar 0.000 < 0,05, sehingga skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA-fisika kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Sedangkan, pengujian hipotesis penelitian kedua diperoleh nilai Sig. t-hitung (1-tailed) sebesar 0.000 < 0.05, sehingga skor rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA-fisika kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) ada pengaruh signifikan model project based learning terhadap aktivitas belajar IPA-fisika siswa SMP Negeri di Kabupaten Jember, dan (2) ada pengaruh signifikan model project based learning terhadap hasil belajar IPAfisika siswa SMP Negeri di Kabupaten Jember.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectProject Based Learningen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA-FISIKA SISWA SMP NEGERI DI KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record