Show simple item record

dc.contributor.advisorMahardika, I Ketut
dc.contributor.advisorGhani, Agus Abdul
dc.contributor.authorLaili, Yanuari Nur
dc.date.accessioned2015-12-02T06:50:57Z
dc.date.available2015-12-02T06:50:57Z
dc.date.issued2015-12-02
dc.identifier.nim110210102004
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65830
dc.description.abstractFisika tidak hanya berisi rumus yang perlu dihafal, tetapi perlu adanya konsep yang harus ditanamkan kepada siswa melalui keterlibatannya secara langsung selama proses belajar mengajar di kelas. Fisika merupakan bagian dari sains yang pada hakikatnya mencakup tiga hal yaitu produk ilmiah, proses ilmiah, dan sikap ilmiah. Data hasil observasi pelaksanaan pembelajaran dan wawancara dengan guru bidang studi fisika di SMA Negeri 1 Jenggawah, menunjukan bahwa aktivitas belajar fisika siswa kelas X masih rendah. Berdasarkan hasil observasi, hanya 31.39 % siswa yang akif memperhatikan penjelasan guru. Ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas X juga tergolong rendah. Berdasarkan hasil observasi ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 26.90 %. %. Fakta ini menunjukan bahwa ketuntasan hasil belajar fisika masih tergolong rendah. Salah satu model pembelajaran yang mendukung yaitu model Children Learning In Science (CLIS) disertai LKS berbasis multirepresentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengkaji pengaruh model CLIS (Children Learning in Science) disertai LKS berbasis Multirepresentasi terhadap aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Jenggawah, (2) mengkaji pengaruh model Children Learning In Science (CLIS) disertai LKS berbasis Multirepresentasi terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Jenggawah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan purposive sampling area. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Jenggawah. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan purposive sampling. Rancangan penelitian menggunakan Postest-Only Control Group design. Metode pengumpulan data penelitian adalah dokumentasi, viii tes, lembar observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan uji t yaitu independent sample t test dengan bantuan SPSS 16. Hasil analisis Independent-Sample T-test untuk menguji hipotesis penelitian 1 pada pertemuan pertama diperoleh nilai signifikansi (1-tailed) sebesar 0.000 menunjukkan bahwa nilainya kurang dari 0.05, sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan kata lain skor ata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Untuk pertemuan kedua diperoleh hasil analisis Independent-Sample T-test nilai signifikansi (1-tailed) sebesar 0.000 menunjukkan bahwa nilainya kurang dari 0.05, sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan kata lain skor rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Untuk menguji hipotesis penelitian 2 dari hasil analisis Independent-Sample T-test pada pertemuan pertama diperoleh nilai signifikansi (1-tailed) sebesar 0.0015 menunjukkan bahwa nilainya kurang dari 0.05 atau 0.0015 ≤ 0.05, sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan kata lain nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Untuk pertemuan kedua diperoleh hasil analisis Independent-Sample T-test nilai signifikansi (1-tailed) sebesar 0.0095 menunjukkan bahwa nilainya kurang dari 0.05 atau 0.0095 ≤ 0.05, sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan kata lain nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) disertai LKS berbasis Multirepresentasi berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Jenggawah. (2) model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) disertai LKS berbasis Multirepresentasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Jenggawah.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectChildren Learning In Scienceen_US
dc.titlePENGARUH MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DISERTAI LKS BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 1 JENGGAWAHen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record