PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DENGAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS IIIA SDN 1 KERTOSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
melalui pembelajaran kooperatif model CIRC menggunakan media puzzle mata
pelajaran IPS siswa kelas IIIA SDN Kertosari 01 kecamatan Pakusari kabupaten
Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini,
dilaksanakan di SDN Kertosari 01 kecamatan Pakusari, dimulai pada tanggal 2
November 2010 sampai tanggal 16 Desember 2010, subyek penelitian adalah siswa
kelas IIIA dengan jumlah siswa 36 anak, terdiri dari 18 laki-laki dan 18 perempuan.
Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan
wawancara.
Hasil analisis pada aktivitas siswa selama pembelajaran IPS siklus I
memperhatikan Pelajaran 67,4%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 59,7%,
diskusi dalam kelompok 64,6%, memecahkan soal saat diskusi 64,6%, menjawab
pertanyaan 62,5%, sampai pembelajaran siklus II mengalami peningkatan,
memperhatikan pelajaran 81,9%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 79,2%,
diskusi dalam kelompok 78,5%, memecahkan soal diskusi 84%, dan menjawab
pertanyaan 78,5%. Kemudian hasil analisis ketuntasan belajar siswa yang diperoleh
dari persentase ketuntasan belajar kuis pada siklus I secara klasikal sebesar 58% dan
siklus II secara klasikal sebesar 86%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran
CIRC menggunakan media puzzle untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa
berjalan dengan baik dengan aktivitas belajar siswa pada pra siklus siswa kurang
aktif, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 63,8% (kriteria aktif), sedangkan
pada siklus II meningkat menjadi 80,42% (kriteria sangat aktif), dari hasil diatas
dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke
siklus II sebesar 16,62%., (2) Penerapan model pembelajaran CIRC menggunakan
media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari dari ratarata
hasil belajar siswa secara klasikal sebelum menggunakan model pembelajaran
CIRC adalah 59,8 dengan presentase ketuntasan secara klasikal 38,8%. Pada siklus I
rata-rata hasil belajar siswa adalah 68,8 dengan presentase ketuntasan secara klasikal
58%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 78,8 dengan presentase
ketuntasan secara klasikal 86%, dari hasil diatas dapat diketahui bahwa terjadi
peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 9.00
kemudian pada siklus I ke siklus II dengan selisih 10,00.