UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) KELAS IV SDN SEMPUSARI 1 KABUPATEN JEMER TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar
melalui pembelajaran kooperatif model STAD mata pelajaran IPS siswa kelas IV
Sekolah Dasar Negeri Sempusari 1 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun
Pelajaran 2009/2010. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN
Sempusari 1, dimulai pada tanggal 20 Mei 2011 sampai tanggal 1 Juni 2011, subyek
penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 48 anak, terdiri dari 22 lakilaki
dan 26 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan
kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan
metode observasi, tes dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa nilai ulangan
harian siswa, tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktifitas siswa selama
proses pembelajaran IPS.
Hasil analisis pada aktifitas siswa selama pembelajaran IPS siklus I
memperhatikan pelajaran 78,64%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 56,77%,
diskusi dalam kelompok 63,03%, memecahkan soal diskusi 62,5%, semangat dalam
pembelajaran 80,72%, sampai pembelajaran siklus II mengalami peningkatan,
memperhatikan pelajaran 84,37%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 65,62%,
diskusi dalam kelompok 67,18%, memecahkan soal diskusi 65,62%, dan semangat
dalam pembelajaran 85,41%. Kemudian hasil analisis ketuntasan belajar siswa yang
diperoleh dari persentase ketuntasan belajar kuis pada siklus I secara klasikal sebesar
62,5% dan siklus II secara klasikal sebesar 85,41%.
Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah
terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar melalui pembelajaran kooperatif
model STAD mata pelajaran IPS.
Berdasarkan hasil penelitian terhadap penerapan pembelajaran coopertive
Learning tipe STAD pada pokok bahasan perkembangan teknologi di Kelas IV
semester genap SDN Sempusari 1, maka saran yang dapat diberikan peneliti adalah:
bagi guru hendaknya lebih aktif dalam melakukan inovasi pembelajaran, agar siswa
tidak merasa bosan, tidak kesulitan dalam memahami materi dan aktif selama
pembelajaran.