Show simple item record

dc.contributor.advisorSutarto
dc.contributor.advisorMahardika, I Ketut
dc.contributor.authorPutri, Amalia Atmaja
dc.date.accessioned2015-12-02T03:53:24Z
dc.date.available2015-12-02T03:53:24Z
dc.date.issued2015-12-02
dc.identifier.nim100210102003
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65739
dc.description.abstractFisika adalah salah satu bagian dari sains, yang mempelajari fenomenafenomena alam yang kemudian memungkinkan terjadinya penelitian dengan percobaan yang dilakukan secara ilmiah. Oleh karena itu, siswa di dalam belajar fisika tidak hanya dikenalkan mengenai teori, prinsip, dan hukum-hukum fisika namun siswa diajarkan untuk bereksperimen di dalam maupun diluar laboratorium sebagai proses ilmiah untuk memahami pokok bahasan dalam fisika sehingga aktivitas belajar siswa di kelas dapat berjalan secara optimal dan menghasilkan hasil belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran. Hasil observasi awal pembelajaran fisika pada materi elastisitas di semester genap menunjukkan bahwa masih ada beberapa kelas yang belum tuntas mencapai KKM yang ditetapkan sebesar 75 pada mata pelajaran fisika, salah satunya adalah kelas X IPA-2. Berdasarkan analisis data observasi awal dikelas X IPA-2 diperoleh persentase aktivitas belajar siswa sekitar 50%. Aktivitas belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata perolehan skor hasil belajar siswa sebesar 56,70 yang belum tuntas mencapai KKM. Berdasarkan hasil observasi tersebut, maka diperlukan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Model Discovery Learning disertai Metode Eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dikelas X IPA-2 SMA Muhammadiyah 3 Jember. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa dengan Model Pembelajaran Discovery Learning disertai Metode viii Eksperimen pada siswa kelas X IPA-2 SMA Muhammadiyah 3 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas X IPA-2 SMA Muhammadiyah 3 Jember dengan jumlah 34 siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Hopkins. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan diawali dengan kegiatan pra-siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penghitungan nilai N-gain digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dilihat dari keaktifan siswa. Pada pra siklus persentase aktivitas belajar siswa sebesar 46%, kemudian pada siklus 1 persentase aktivitas belajar siswa naik menjadi 77%, dan pada siklus 2 persentase aktivitas belajar siswa naik menjadi 87%. Diikuti dengan hasil perolehan N-gain pada siklus 1 sebesar 0,58 yang berarti peningkatan dalam kategori sedang dan pada siklus 2 sebesar 0,75 yang berarti peningkatan dalam kategori tinggi. Peningkatan aktivitas belajar siswa ini ternyata berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa meningkat dari pra-siklus ke siklus 1 dan dari prasiklus ke siklus 2 dengan N-gain sebesar 0,36 dan 0,62 pada kriteria sedang. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar dan hasil belajar fisika siswa kelas X IPA-2 SMA Muhammadiyah 3 Jember menggunakan model Discovery Learning disertai Metode Eksperimen telah mengalami peningkatan dibandingkan sebelum adanya tindakan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectDiscovery Learningen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DISERTAI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X IPA-2 SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014-2015 (Pokok Bahasan: Fluida Statis)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record