• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PENILAIAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS X MIA 4 SMA NEGERI 1 GAMBIRAN TAHUN AJARAN 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    110210302048_Erly Nurul Hidayah.pdf (4.415Mb)
    Date
    2015-12-02
    Author
    Hidayah, Erly Nurul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Paradigma baru dalam pembelajaran dan penilaian kurikulum 2013 sejalan dengan tujuan pembelajaran sejarah. Tujuan pembelajaran sejarah mengharapkan peserta didik mampu mengembangkan kreativitasnya. Penilaian hasil belajar dalam paradigma baru ditujukan untuk mengukur tingkat kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Faktanya saat pembelajaran sejarah berlangsung pendidik kurang memfasilitasi tumbuhnya kreativitas peserta didik sehingga peserta didik cenderung pasif dan kurang kreatif. Produktivitas yang dimiliki peserta didik cukup rendah, terlihat dari tugas-tugas yang diberikan oleh pendidik kurang berhasil baik. Rendahnya kreativitas dan produktivitas peserta didik juga disebabkan teknik penilaian yang dilakukan pendidik fokus pada aspek kognitif. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan merubah metode pembelajaran dengan metode pembelajaran berbasis proyek dan teknik penilaian produk. Metode pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kreativitas peserta didik karena melibatkan peserta didik dalam mengerjakan proyek untuk memecahkan masalah yang diwujudkan dalam bentuj produk. Produk yang dihasilkan dapat dinilai dengan teknik penilaian produk. Penilaian produk merupakan penilaian terhadap keterampilan peserta didik dalam membuat produk dan kualitas produk Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dengan penilaian produk dapat meningkatkan kreativitas belajar sejarah peserta didik kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Gambiran tahun ajaran 2014/2015; (2) apakah penerapan metode pembelajaran berbasis proyek ix dengan penilaian produk dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Gambiran tahun ajaran 2014/2015. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan kreativitas belajar sejarah peserta didik kelas X MIA 4 di SMA Negeri 1 Gambiran dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis proyek dengan penilaian produk; (2) untuk meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas X MIA 4 di SMA Negeri 1 Gambiran dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis proyek dengan penilaian produk. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan alternatif pemecahan masalah pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Gambiran yang berjumlah 37. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Hopkins dengan 4 tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas dan hasil belajar psikomotorik peserta didik. Pada siklus I kreativitas peserta didik memperoleh persentase 59,86%, pada siklus II meningkat sebesar 9,05% dan pada siklus III meningkat 9,60%. Hasil belajar psikomotorik peserta didik diukur dengan penilaian produk. Pada siklus I memperoleh persentase 57,70%, pada siklus II meningkat 10,13%, pada siklus III meningkat sebesar 9,87%. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dengan penilaian produk dapat meningkatkan kreativitas peserta didik kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Gambiran tahun ajaran 2014/2015; (2) penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dengan penilaian produk dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Gambiran tahun ajaran 2014/2015. Saran peneliti berdasarkan hasil penelitian ini, sebaiknya menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek dan penilaian produk sebagai salah satu metode pembelajaran dan penilaian yang digunakan dalam pembelajaran sejarah di sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran di sekolah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65649
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository