dc.description.abstract | Keberhasilan suatu usaha baik usaha dalam skala kecil maupun besar dapat
dilihat dari bagaimana perusahaan tersebut mampu menciptakan produk yang
dihasilkan, sehingga konsumen berminat dan melakukan pembelian. Untuk dapat
menarik konsumen agar membeli produk yang dihasilkan, maka suatu perusahaan
harus mampu memutuskan apa dan bagaimana strategi yang akan digunakan untuk
mengembangkan produknya. Penetapan strategi yang tepat dalam menghadapi
persaingan dipasar adalah kunci kesuksesan perusahaan dalam mengembangkan
produksi barang yang dimilikinya. Salah satu usaha kecil yang memiliki keunggulan
dalam hal keunikan produknya adalah sentra industri IMDA Handicraft di Desa Tutul
Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan pengembangan produk yang dilakukan oleh sentra industri IMDA
Handicraft di desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember dalam meningkatkan
loyalitas konsumen.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Tempat penelitian ditentukan dengan
menggunakan metode purposive area yang dilakukan di sentra industri IMDA
Handicraft Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumen.
Sedangkan metode analisis data yang digunakan melalui tiga tahap, pertama adalah
reduksi data yang dilakukan dengan cara merangkum dan memilih hal-hal pokok
yang akan mempermudah peneliti untuk melakukan pengumpulan data selanjutnya.
viii
Tahap kedua adalah penyajian data yang dilakukan dalam bentuk uraian singkat,
sehingga mudah untuk dipahami. Dan tahap ketiga adalah penarikan kesimpulan,
yaitu menyimpulkan hasil dari penelitian yang dilakukan.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa sentra industri IMDA
Handicraft di Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember merupakan salah satu
usaha yang bergerak di bidang kerajinan tangan yang melakukan pengembangan
produk dalam upaya meningkatkan loyalitas konsumen. Dalam usahanya, sentra
industri IMDA Handicraft Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember
melakukan pengembangan produk yang bertujuan untuk memberikan kepuasan baru
kepada konsumen sehingga konsumen tidak merasa jenuh dengan produk yang
ditawarkan oleh sentra industri IMDA Handicraft. Produk yang dikembangkan
merupakan produk yang sebelumnya telah ada kemudian dimodifikasi menjadi
produk yang lebih bervariatif. Dalam proses pengembangan produk yang dilakukan,
sentra industri IMDA Handicraft terlebih dahulu melihat seperti apa handicraft yang
saat ini sedang trend dan banyak diminati konsumen, dengan begitu produk yang
dihasilkan akan dapat diterima dipasaran. Pengembangan produk yang dilakukan juga
selalu dijaga kualitas produknya supaya konsumen merasa puas dengan produk yang
telah dihasilkan oleh sentra industri IMDA Handicraft yaitu dengan menggunakan
bahan baku sesuai dengan handicraft yang akan di buat sehingga dapat menghasilkan
model handicraft yang terlihat unik. | en_US |