Show simple item record

dc.contributor.advisorWahyuni, Sri
dc.contributor.advisorUmar HMS
dc.contributor.authorUTARI, AYU DWI
dc.date.accessioned2015-12-02T00:41:36Z
dc.date.available2015-12-02T00:41:36Z
dc.date.issued2015-12-02
dc.identifier.nim110210301058
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65634
dc.description.abstractKeberhasilan suatu usaha baik usaha dalam skala kecil maupun besar dapat dilihat dari bagaimana perusahaan tersebut mampu menciptakan produk yang dihasilkan, sehingga konsumen berminat dan melakukan pembelian. Untuk dapat menarik konsumen agar membeli produk yang dihasilkan, maka suatu perusahaan harus mampu memutuskan apa dan bagaimana strategi yang akan digunakan untuk mengembangkan produknya. Penetapan strategi yang tepat dalam menghadapi persaingan dipasar adalah kunci kesuksesan perusahaan dalam mengembangkan produksi barang yang dimilikinya. Salah satu usaha kecil yang memiliki keunggulan dalam hal keunikan produknya adalah sentra industri IMDA Handicraft di Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan produk yang dilakukan oleh sentra industri IMDA Handicraft di desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember dalam meningkatkan loyalitas konsumen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive area yang dilakukan di sentra industri IMDA Handicraft Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumen. Sedangkan metode analisis data yang digunakan melalui tiga tahap, pertama adalah reduksi data yang dilakukan dengan cara merangkum dan memilih hal-hal pokok yang akan mempermudah peneliti untuk melakukan pengumpulan data selanjutnya. viii Tahap kedua adalah penyajian data yang dilakukan dalam bentuk uraian singkat, sehingga mudah untuk dipahami. Dan tahap ketiga adalah penarikan kesimpulan, yaitu menyimpulkan hasil dari penelitian yang dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa sentra industri IMDA Handicraft di Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang kerajinan tangan yang melakukan pengembangan produk dalam upaya meningkatkan loyalitas konsumen. Dalam usahanya, sentra industri IMDA Handicraft Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember melakukan pengembangan produk yang bertujuan untuk memberikan kepuasan baru kepada konsumen sehingga konsumen tidak merasa jenuh dengan produk yang ditawarkan oleh sentra industri IMDA Handicraft. Produk yang dikembangkan merupakan produk yang sebelumnya telah ada kemudian dimodifikasi menjadi produk yang lebih bervariatif. Dalam proses pengembangan produk yang dilakukan, sentra industri IMDA Handicraft terlebih dahulu melihat seperti apa handicraft yang saat ini sedang trend dan banyak diminati konsumen, dengan begitu produk yang dihasilkan akan dapat diterima dipasaran. Pengembangan produk yang dilakukan juga selalu dijaga kualitas produknya supaya konsumen merasa puas dengan produk yang telah dihasilkan oleh sentra industri IMDA Handicraft yaitu dengan menggunakan bahan baku sesuai dengan handicraft yang akan di buat sehingga dapat menghasilkan model handicraft yang terlihat unik.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectLOYALITAS KONSUMENen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PRODUK USAHA KECIL HANDICRAFT UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN (Studi Kasus pada IMDA Handicraft di Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record