KEBIJAKAN PEMERINTAH CHINA DALAM INDUSTRI GAME TAHUN 2000-2014
Abstract
Industri game telah menjadi sebuah industri yang potensial dalam era
digital seperti sekarang ini. Beberapa negara berusaha mengembangkan industri
game demi mendapatkan keuntungan devisa dan juga pengaruh lain diluar
keuntungan finansial. China sebagai negara dengan potensi sumber daya manusia
yang besar juga berusaha mengembangkan potensi industri game di negaranya.
China sebelum tahun 2000 merupakan negara yang tertinggal dalam
perkembangan industri game dan cenderung hanya menjadi importer produkproduk
game dari negara lain seperti Jepang, Amerika Serikat dan Korea Selatan.
Penetapan beberapa peraturan melalui lembaga pemerintah seperti General
Administration of Press and Publication (GAPP), Ministry of Culture (MOC),
dan Ministry of Industry and Information Technology (MIIT) membuat China
mampu mengembangkan industri game nasional dan menjadi sebuah negara yang
sukses di bidang industri game.
Melalui penelitian ini, penulis berusaha menunjukkan kesuksesan sebuah
negara dalam membangun sebuah industri kreatif melalui peran aktif dari
pemerintah. Pemerintah merupakan aktor penting mampu menjadi motor
penggerak pembangunan suatu bangsa. Pemerintah mempunyai wewenang untuk
menetapkan kebijakan-kebijakan yang dibutuhkan untuk melindungi kepentingan
nasional demi kesejahteraan bangsa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
dengan penerapan metode deskriptif-analitik untuk mengkaji peran pemerintah
China dalam proses membangun industri game di negaranya. Dengan
menggunakan data-data sekunder hasil library research, penulis melakukan
analisa atas beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan industri game di
China.
Negara, dalam pandangan merkantilisme memiliki peran utama dalam
meraih kepentingan nasional berupa kenaikan pendapatan nasional, pertumbuhan
ekonomi dan stabilitas sosial melalui pembangunan ekonomi. Usaha tersebut
dicapai oleh China dengan melakukan pengembangan industri kreatif yang
dipandang sebagai salah satu cara yang potensial demi mendapatkan kekuatan
ekonomi. Berkaitan dengan sektor industri game pemerintah cenderung
melakukan tindakan yang restriktif untuk melindungi perusahaan dalam negeri.
Peraturan pelarangan impor konsol pada tahun 2000 membuka jalan bagi
perkembangan industri game online untuk komputer di China. Dengan
ditetapkannya beberapa peraturan lain seperti penerapan beberapa kebijakan yang
cenderung restriktif atas perusahaan dan produk game asing dan pemberian
subsidi untuk perusahaan game lokal, industri game di China terus berkembang
dari tahun ke tahun. Pemerintah sebagai salah satu aktor utama dalam membangun
sebuah industri juga mempunyai kewenangan mencari solusi atas segala efek
negatif berkembangnya sebuah industri. Melalui peran aktif pemerintah, industri
game China tumbuh secara pesat dan menjadi negara yang diakui produktifitasnya
baik di dalam maupun luar negeri. Peran negara dianggap masih penting dalam
mengembangkan sektor-sektor potensial yang berguna untuk meningkatkan
kesejahteraan bangsa.