Show simple item record

dc.contributor.advisorSukidin
dc.contributor.advisorKantun, Sri
dc.contributor.authorPANGLIPUR, HILDA ROHMANDANI
dc.date.accessioned2015-12-01T08:02:07Z
dc.date.available2015-12-01T08:02:07Z
dc.date.issued2015-12-01
dc.identifier.nim100210301093
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65546
dc.description.abstractBanyaknya produk alat rumah tangga yang serba elektronik dan buatan pabrik yang sudah memiliki merk seperti Eagle, Jawa, menjadi tantangan besar bagi para pengrajin alat rumah tangga yang ada di daerah - daerah termasuk di Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Seiring dengan persaingan yang semakin ketat maka para pengrajin mencari strategi pemasaran yang tepat untuk home industrinya. SWOT adalah suatu bentuk analisis strategi pemasaran dalam melihat kekuatan (Strenghts), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunities), dan ancaman (Threats) dari lingkungan eksternal perusahaan. Pada dasarnya strategi pemasaran memberikan arah dalam kaitannya dengan variabel-variabel segmentasi pasar, identifikasi pasar sasaran, penetapan posisi, elemen bauran pemasaran dan biaya pemasaran. Semua strategi pemasaran usaha dibuat berdasarkan STP. Segmentation (segmentasi), Targeting (pembidikan), dan Positioning ( penetapan posisi ). Dengan adanya suatu penerapan strategi yang tepat sehingga masalah tersebut bisa teratasi. Seiring hal itu, strategi pemasaran yang di dalamnya terdiri dari elemen - elemen pemasaran yang meliputi Product (produk), Price (Harga), Promotion (promosi), dan Place (Distribusi). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive yaitu di Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Subjek penelitian yaitu seluruh pengrajin yaitu 119 orang dan dalam penelitian ini diambil informan utama 3 orang pengrajin dengan kriteria tertentu, yaitu memiliki usaha skala besar, sedang dan kecil yang viii ditentukan dengan menggunakan metode purposive, sedangkan informan pendukung penelitian adalah pelanggan dan informan tambahan yaitu staff karyawan kantor Balai Desa Suci. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumen dan observasi. Analisis data dilakukan dengan tahap - tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa para pengrajin alat rumah tangga di Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember melakukan strategi pemasaran yang didalamnya terdapat suatu elemen bauran pemasaran yaitu strategi produk, harga, promosi dan distribusi. Pengrajin menerapkan strategi bauran pemasaran yaitu tetap menjaga kualitas produknya, bahan baku, jumlah varian produk serta variasi produknya. Pengrajin juga melakukan promosi agar produknya dikenal oleh konsumen secara luas, dengan promosi secara lansung melalui pendekatan kedalam kelompok ibu ibu arisan, serta melakukan promosi melalui pameran didalam daerah maupun luar daerah, mulut ke mulut, dan promosi melalui koperasi. Pengrajin juga menawarkan harga produknya dengan sistem pembelian produk secara eceran dan grosiran yang berbeda, dan memberikan diskon. Bauran pemasaran akan maksimal jika pendistribusiannya berjalan lancar, pengrajin juga menerapkan strategi pendistribusian yang berbeda untuk produknya, pengrajin melakukan pendistribusian dengan diantar langsung pada konsumen, distribusi melalui sales, serta melakukan pendistribusian dengan sistem paket jika ada pesanan dari luar kota. Sebaiknya para pengrajin jangan hanya sekali melakukan strategi pemasaran tersebut dan seharusnya melakukannya terus menerus.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectStrategi Pemasaranen_US
dc.titleSTRATEGI PEMASARAN PADA PARA PENGRAJIN ALAT RUMAH TANGGA DI DESA SUCI KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record