PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI PROGRAM STUDI S-1 UNIVERSITAS JEMBER TENTANG BISNIS MULTI LEVEL MARKETING (MLM)
Abstract
Dunia bisnis di Indonesia saat ini berkembang dengan pesat. Perusahaan
bisnis semakin menjamur pada semua tingkatan, dari skala kecil, menengah,
hingga skala besar, baik dalam bidang produk maupun jasa. Berkembangnya
bisnis tersebut menyebabkan begitu banyak alternatif bagi masyarakat untuk
memilih jenis bisnis yang sesuai dengan keinginannya, Salah satu bisnis yang
berkembang saat ini adalah bisnis Multi Level Marketing (MLM) atau Networking
Marketing. MLM merupakan pengembangan pemasaran dari metode direct selling
(pemasaran langsung). Menurut Asosiasi Penjual Langsung Indonesia (APLI) di
Indonesia perusahaan yang tercatat sebagai anggota APLI diantaranyaadalah PT.
Amway Indonesia, PT. Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI), PT. Harmoni Dinamik
Indonesia (High Desert), PT. NadjaSukses Utama (Sophie Marteen) dan PT.
Orindo Alam Ayu (Oriflame). Sistem bisnis MLM mulai banyak dipilih oleh
beberapa kalangan sebagai alternatif kegiatan bisnis, termasuk kalangan
mahasiswa. Banyak mahasiswa yang memulai bisnis MLM sebagai pilihan untuk
meningkatkan pendapatan mereka. Selain itu bisnis ini juga tidak mengganggu
aktivitas perkuliahan karena tidak ada jam kerja sehingga dapat di kerjakan kapan
saja di waktu senggang perkuliahan. Bisnis MLM juga diyakini dapat
menumbuhkan jiwa entrepreneurship kepada mahasiswa secara tidak langsung.
Penelitian ini merupakan penelitian fenomenologi dengan pendekatan
kualitatif. Pendekatan kualitatif dipilih dengan pertimbangan untuk mendapatkan
informasi yang lebih dalam dari masing-masing informan Mahasiswa Fakultas
Ekonomi Program Studi S-1 Universitas Jember. Subyek dari penelitian ini adalah
Mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi S-1 Universitas Jember yang aktif
sebagai member bisnis MLM. Informan dipilih sesuai dengan kriteria yang telah
ditentukan.
Penelitian ini memperoleh hasil dan kesimpulan bahwa Persepsi Mahasiswa
Fakultas Ekonomi Program S-1 Universitas jember tentang bisnis MLM adalah
positif, asalkan teliti dalam memilih bisnis MLM. karena bisnis jaringan dapat
memberikan keuntungan finansial kepada member, selain itu bisnis MLM
merupakan pengikat tali silaturrahmi karena hampir setiap hari ada pertemuan
sehingga memunculkan persaudaraan yang kuat diantara para member MLM.
Member MLM juga lebih mampu berkomunikasi dengan baik serta adanya
perubahan karakter yang lebih baik pada diri member tersebut, bisnis MLM juga
merupakan solusi yang baik untuk mahasiswa dalam menambah penghasilan,
sehigga meringankan beban orang tua. Peran stakeholder dalam MLM sangat baik
dalam memasarkan produknya. Sehingga kegiatan bisnis yang dijalankan berjalan
lancar, baik dari sistem kerja maupun dari produk yang dijual.