Strategi Pemasaran Usaha Kuliner Kober Mie Setan Jalan Karimata No.67 Kota Jember
Abstract
Perkembangan usaha kuliner yang begitu pesat, memunculkan usaha kuliner
dengan berbagai macam jenis variasi menu masakan. Kota Jember kini menjadi
pilihan pengusaha dalam berwirausaha dibidang kuliner. Mendirikan usaha di pusat
Kota Jember dengan dikelilingi berbagai macam kampus dan sekolah tentu menjadi
daya tarik tersendiri bagi konsumen. Kober Mie Setan Jalan Karimata No.67 Kota
Jember merupakan usaha kuliner yang berdiri pada tanggal 20 Agustus 2014. Kober
Mie Setan merupakan usaha kuliner dengan sistem kemitraan usaha atau bagi hasil
antara pemilik Kober Mie Setan pusat BP 50 tahun dengan investor area Jember
AZW 43 tahun. Kober Mie Setan adalah bisnis kuliner yang menawarkan varian
produk mie, dimsum dan berbagai macam minuman. Suatu usaha tentunya
menginginkan usahanya mengalami perkembangan, berkembangnya bisnis sangat
erat kaitannya dengan strategi yang digunakan. Strategi tersebut harus sesuai dengan
permasalahan suatu usaha. Salah satu usaha kuliner dengan sistem kemitraan usaha
menginginkan usahanya mengalami perkembangan adalah Kober Mie Setan Jalan
Karimata No.67 Kota Jember, yang dijadikan sebagai tempat penelitian, karena usaha
ini bisa dikatakan sebagai usaha baru yang memiliki banyak pesaing bisnis sejenis.
Bisnis ini harus mampu bertahan dan mengembangkan usahanya sehingga dapat
bersaing dengan usaha lain yang sejenis.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
strategi pemasaran yang dilakukan pada usaha kuliner Kober Mie Setan Jalan
Karimata No.67 Kota Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian ditentukan dengan
menggunakan metode purposive area yang dilaksanakan di Kober Mie Setan Jalan Karimata No.67 Kota Jember. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi
data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Kober Mie Setan Jalan
Karimata No.67 Kota Jember menerapkan strategi pemasaran. Adapun strategi
pemasaran yang dilakukan oleh Kober Mie Setan Jalan Karimata No.67 Kota Jember
adalah strategi produk, strategi tempat, strategi harga, dan strategi promosi.
Strategi produk dalam Kober Mie Setan yaitu melakukan inovasi dan variasi
produk dari masa ke masa dengan menambah produk baru demi berkembangnya
usaha. Strategi tempat yaitu pemilihan tempat usaha berada di lokasi yang strategis,
aman dan nyaman bagi konsumen. Strategi harga merupakan penetapan harga dengan
mempertimbangakan harga bahan baku, harga produk pesaing, dan harga yang
ditetapkan sesuai dengan target konsumen yang dituju yaitu kalangan pelajar,
mahasiswa atau keluarga. Strategi promosi berupa pembagian kupon pada saat awal
pembukaan Kober Mie Setan Jalan Karimata No.67 Kota Jember. Promosi melalui
internet seperti website, situs jejaring sosial, selain itu promosi dilakukan dengan
mengikuti event-event tertentu, dan promosi melalui (gethuk tular) yang dilakukan
oleh konsumen dengan konsumen baru lainnya. Melalui strategi pemasaran yang
dilakukan maka pasar yang dikuasai oleh Kober Mie Setan Jalan Karimata No.67
Kota Jember semakin meluas dengan diikuti konsumen yang terus bertambah, laba
yang diperoleh meningkat, serta konsumen merasa puas dengan pelayanan Kober Mie Setan Jalan Karimata No.67 Kota Jember.