ANALISIS SEGMEN PASAR PRODUK HANDPHONE BERBASIS ANDROID BERDASARKAN ATRIBUT PRODUK DI LINGKUNGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis segmen pasar
handphone berbasis android khusus Samsung dan Sony berdasarkan atribut
produk di lingkungan mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Jember.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengguna produk handphone
berbasis android Samsung dan Sony di lingkungan Fakultas Ekonomi dengan
focus pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Jember yang aktif untuk
periode tahun akademik 2012/2013.
Variabel yang akan diteliti adalah variabel segmentasi pasar produk handphone
berbasis android dengan menggunakan indicator harga, kualitas, kinerja, daya
tahan, citra merek, fitur, desain, model, spesifikasi, kapasitas, dan jaminan. Alat
analisis yang digunakan adalah Analisis klaster. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: a) Klaster 1 adalah responden yang mementingkan atribut fitur, desain dan
jaminan. Agar dapat mencerminkan atribut-atribut tersebut maka klaster 1 diberi
nama “Klaster Produk”. b) Klaster 2 adalah responden yang mementingkan atribut
kualitas. Agar dapat mencerminkan atribut-atribut tersebut maka klaster 2 diberi
nama “Klaster Kualitas”. c) Klaster 3 adalah responden yang mementingkan
atribut harga, kinerja, daya tahan, citra merek, dan kapasitas. Agar dapat
mencerminkan atribut-atribut tersebut maka klaster 3 diberi nama “Klaster
Keunggulan”.