Analisis Pengaruh Variabel Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Apotek Kimia Farma Jember
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Variabel Kualitas Layanan
Terhadap Kepuasan Pelanggan Apotek Kimia Farma Jember”. Persaingan bisnis
yang semakin ketat membuat perusahaan dituntut untuk memberikan performance
terbaik kepada pelanggan dalam hal peningkatan kualitas layanan. Begitu pula
dengan Apotek Kimia Farma yang dituntut untuk meningkatkan kualitas layanan,
sehingga pelanggan merasakan kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh variabel kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan
Apotek Kimia Farma Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan
Apotek Kimia Farma Jember. Metode sampling yang digunakan adalah purposive
sampling dengan jumlah responden sebanyak 108 orang. Variabel yang digunakan
sebanyak 5 variabel. Lokasi penelitian di Apotek Kimia Farma Jember. Sumber
data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang merupakan
jawaban dari kuesioner, sedangkan data sekunder pada penelitian ini berupa
gambaran umum Apotek Kimia Farma, literature dari berbagai sumber, dan juga
dari penelitian terdahulu. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Structural
Equestion Modelling (SEM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Bukti fisik berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Apotik Kimia Farma Jember; 2)
Kehandalan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Apotik
Kimia Farma Jember, dan; 3) Daya tanggap berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan pelanggan di Apotik Kimia Farma Jember; 4) Jaminan berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Apotik Kimia Farma Jember; 5)
Empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Apotik Kimia
Farma Jember.