• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    “Hubungan Antara Motivasi Belajar Ekstrinsik Dengan Partisipasi Warga Belajar Keaksaran Fungsional Di Lingkungan Jambuan Kelurahan Antirogo Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Bhakti Setyo Budi-100210201034.pdf (1.886Mb)
    Date
    2015-12-01
    Author
    Budi, Bhakti Setyo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Motivasi dalam kegiatan belajar terdapat dua macam, yaitu motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik. Dengan adanya motivasi belajar menunjukan warga belajar menyadari bahwa kegiatan belajar yang diikutinya bermanfaat bagi dirinya karena dapat memenuhi kebutuhan belajarnya. Motivasi belajar yang diterapkan dalam pembelajaran sedikit banyak juga mempengaruhi partisipasi warga belajar, baik dalam partisipasi tenaga maupun partisipasi pikiran. Dalam penelitian ini, peneliti hanya menggunakan motivasi belajar ekstrinsik saja, karena motivasi belajar ekstrinsik ini lebih sering diterapkan pada keaksaraan fungsional. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah yang diajukan adalah “Adakah hubungan antara motivasi belajar ekstrinsik dengan partisipasi warga belajar keaksaraan fungsional di Lingkungan Jambuan Kelurahan Antirogo Kabupaten Jember?”, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar ekstrinsik dengan partisipasi warga belajar keaksaraan fungsional di Lingkungan Jambuan Kelurahan Antirogo Kabupaten Jember. Manfaat menambah wawasasan pengetahuan dan pengalaman program PLS yaitu Keaksaraan fungsional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya korelasional, daerah atau tempat penelitian ditetapkan di Lingkungan Jambuan Kelurahan Antirogo Kabupaten Jember dengan menggunakan metode Purposive Area tujuannya yaitu untuk menetapkan lokasi yang dianggap relevan dengan tujuan penelitian. Waktu penelitian 4 bulan yaitu November 2014 s/d Februari 2015. Teknik penentuan responden dalam penelitian yaitu menggunakan teknik populasi, yaitu warga belajar KF sebanyak 13 orang. Sumber data yang digunakan adalah warga x belajar pada keaksaraan fungsional di Lingkungan Jambuan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dengan menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Metode pengolahan data yang digunakan adalah dengan menggunakan Tata Jenjang yang dibantu dengan Statistical Package For Social Sciences (SPSS) versi 15. Berdasarkan hasil perhitungan deskripsi memperlihatkan bahwa dari 13 responden, terdapat hubungan yang berbeda pada setiap indikator dari motivasi belajar ekstrinsik dengan partisipasi warga belajar. Perolehan skor dari motivasi belajar ekstrinsik yang berindikator ganjaran dengan partisipasi warga belajar yang berindikator partisipasi tenaga sebesar 0.611 dan hubungan yang didapatkan tinggi. Sedangkan indikator ganjaran dengan indikator partisipasi pikiran memiliki skor yaitu sebesar 0.630 dengan hubungan yang didapatkan tinggi, kemudian indikator nilai dengan indikator partisipasi tenaga memiliki skor yaitu sebesar 0.702 dengan hubungan yang didapatkan tinggi, dan indikator nilai dengan indikator partisipasi pikiran memiliki skor yaitu sebesar 0.643 dengan hubungan yang didapatkan tinggi. Kemudian indikator ketiga dari motivasi belajar ekstrinsik yaitu kompetensi dengan partisipasi tenaga memiliki skor sebesar 0.406 dengan hubungan yang didapatkan cukup, kemudian indikator kompetensi dengan partisipasi pikiran memiliki skor yaitu sebesar 0.712 dengan hubungan yang didapatkan tinggi. Dari analisis data yang dilakukan memperoleh hasil prosentase yang menyebutkan bahwa terdapat hubungan yang tinggi terhadap partisipasi warga belajar pada keaksaraan fungsional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa motivasi belajar ekstrinsik ada hubungan yang kuat terhadap partisipasi warga belajar pada keaksaraan fungsional di Lingkungan Jambuan Kelurahan Antirogo Kabupaten Jember. Saran dari penelitian ini adalah Keaksaraan fungsional di Lingkungan Jambuan diharapkan lebih meningkatkan lagi dalam bersosialisasi kepada masyarakat sekitar untuk mengikuti keaksaraan fungsioal, supaya angka buta aksara di Kabupaten Jember berkurang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65284
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository