SISTEM KERJA PADA DEPARTEMEN MAKANAN DAN MINUMAN DI ROYAL HOTEL N’ LOUNGE JEMBER
Abstract
Dalam dunia pariwisata, akomodasi memegang peranan yang sangat penting
selain faktor-faktor lain yang ikut menunjang suksesnya kepariwisataan. Royal Hotel
n’ Lounge Jember adalah hotel baru yang berstatus bintang tiga (***) di Jember, yang
merupakan salah satu jasa pariwisata yang menyediakan fasilitas penginapan, dan
makan dan minum (food and beverage). Hotel ini didirikan untuk tujuan berbisnis,
didalam hotel ini banyak terdapat bagian struktur organisasi yang terdiri dari yang
terdiri dari Marketing Hotel, Front Office Departement, Food and Beverage
Departement, Housekeeping Departement, Laundry Section, Enginering, Finance
Departement, dan Personal Departement yang masing-masing memiliki wewenang
dan tanggung jawab sendiri-sendiri dan saling terkait. Oleh karena itu, dibutuhkan
sistem kerja yang sesuai dengan Standart Operational Procedure (SOP) di masingmasing
bagian agar tercapainya tujuan bersama, terutama pada departemen food and
beverage. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem kerja pada departemen
food and beverage yang terdiri dari departemen food and beverage service dan food
and beverage product.
Hasil penelitian diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai tolak ukur bagi
karyawan agar bekerja sesuai standar kerja yang sudah ditetapkan. Sistem kerja
merupakan tahapan/cara kerja yang tidak dapat dipisahkan untuk mencapai tujuan
bersama.
Penulis melihat sistem kerja dari awal bulan Februari hingga awal Mei pada
departemen Food and Beverage Royal Hotel n’ Lounge Jember yang terdiri dari
bagian service, banquet, dan kitchen sudah sesuai dengan Standart Operational
Procedure (SOP) yang dimiliki oleh Royal Hotel n’ Lounge Jember, misalnya seperti
kedatangan karyawan yang tepat waktu, menjaga kebersihan, dan saling menjaga
komunikasi pada setiap shift agar tidak terjadi kesalahan dalam bekerja, dan
realisasinya juga sesuai dengan sistem kerja yang sudah ditetapkan, bahkan ada yang
melebihi Standart Operational Procedure (SOP). Penulis melihat beberapa karyawan
yang bukan tanggung jawabnya membantu untuk karyawan lain ketika terjadi
keramaian pengunjung atau tidak, misalnya seperti seorang steward membantu
menyiapkan bahan makanan yang akan dimasak oleh cook dan helper, begitu juga
sebaliknya ketika steward membutuhkan bantuan untuk mencuci peralatan makan dan
minum restoran, seorang cook dan helper pun ikut membantu mencuci peralatan
restoran tersebut.
Collections
- DP-Travel Agent [250]