• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan antara Metode Bercerita dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di PAUD Islam Mutiara Sunnah Gresik Tahun 2015

    Thumbnail
    View/Open
    Desy Risky Amelia - 110210201027.pdf (6.070Mb)
    Date
    2015-12-01
    Author
    Amelia;, Desy Risky
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ketika usia 0-6 tahun, anak mengalami usia keemasan (the golden age) yang merupakan masa peletak dasar untuk mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak. Terdapat enam aspek perkembangan anak usia dini yang terdiri dari moralkeagamaan, fisik-motorik, bahasa, kognitif, sosial-emosional, dan seni. Namun, peneliti fokus pada aspek perkembangan sosial emosional anak. Hal ini dikarenakan perkembangan sosial emosional anak usia dini, khususnya usia 3-4 tahun di PAUD Islam Mutiara Sunnah masih belum berkembang sesuai dengan indikator pencapaian tahap perkembangan anak yang terdapat dalam menu pembelajaran generik revisi 2009, yaitu bermain bersama dan mengikuti aktifitas. Salah satu cara untuk mangembangkan aspek sosial emosional pada anak usia dini adalah dengan menggunakan metode bercerita. Penggunaan metode bercerita dalam penelitian ini merujuk pada manfaat metode bercerita yang dikemukakan oleh Musfiroh (2008:78), yaitu untuk mengembangkan aspek sosial dan aspek emosi anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah berapa besar hubungan antara metode bercerita dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini di PAUD Islam Mutiara sunnah Gresik tahun 2015?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara metode bercerita dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini di PAUD Islam Mutiara sunnah Gresik tahun 2015. Adapun hasil dari penelitian ini, diharapkan dapat bermanfaat sebagai refrensi teoritis bagi program pendidikan luar sekolah khususnya program pendidikan anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan daerah penelitian ini menggunakan metode purposive area, sehingga tempat x yang dijadikan sebagai tempat penelitian adalah PAUD Islam Mutiara Sunnah Gresik. Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan populasi, sehingga subyek penelitiannya adalah seluruh anak usia 3-4 tahun di PAUD Islam Mutiara Sunnah Gresik yang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan kepustakaan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan korelasi tata jenjang. Dari hasil analisis, diketahui bahwa hubungan tertinggi antar-indikator terdapat pada indikator pertama variabel X dengan indikator pertama variabel Y, yaitu hubungan antara meningkatkan konsentrasi dengan bermain bersama, dengan besar hubungan 0,731 atau 73,1%. Sedangan hubungan terendah antar-indikator terdapat pada indikator pertama variabel X dengan indikator kedua variabel Y, yaitu meningkatkan konsentrasi dengan mengikuti aktivitas, dengan besar hubungan 0,685 atau 68,5%. Selanjtnya, hasil yang diperoleh dari analisis antara variabel X dengan variabel Y, diperoleh nilai rhitung sebesar 0,749. Nilai tersebut lebih besar dari rtabel sebesar 0,648 (dengan N=10 dan taraf kepercayaan 95%), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara metode bercerita dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini di PAUD Islam Mutiara Sunnah Gresik tahun 2015 (H0 ditolak). Hal ini dapat menjadi bukti bahwa kegiatan bercerita dapat mengembangkan aspek sosial emosional anak, tidak terlepas dari cerita dan pesan moral yang disampaikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat diberikan oleh peneliti untuk pendidik adalah hendaknya pendidik lebih memahami bagaimana meningkatkan aspek perkembangan sosial emosional anak usia dini. Hal ini dikarenakan kemampuan bersosialisasi sangat dibutuhkan anak untuk bergaul dengan masyarakat luas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65241
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository