Show simple item record

dc.contributor.advisorSukatman
dc.contributor.advisorHusniah, Furoidatul
dc.contributor.authorJayanti, Aurora Vanda
dc.date.accessioned2015-12-01T01:51:41Z
dc.date.available2015-12-01T01:51:41Z
dc.date.issued2015-12-01
dc.identifier.nim100210402074
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65238
dc.description.abstractPendidikan karakter adalah upaya penanaman nilai dan sikap melalui pembelajaran yang disesuaikan dengan pertumbuhan psikologis peserta didik. Pendidikan karakter berkaitan dengan konsep moral, yaitu pengetahuan, perasaan, dan perilaku moral. Ketiga konsep tersebut berkenaan dengan bagaimana seseorang mengetahui hal yang baik, menginginkan hal yang baik, dan melakukan hal yang baik. Salah satu karya Fahd Djibran adalah Rahim: Sebuah Dongeng Kehidupan dikisahkan tentang perjalanan hidup seorang bayi di alam Rahim. Novel ini dipilih sebagai bahan kajian karena novel sangat relevan sebagai media alternatif dalam upaya penanaman nilai dan sikap berbasis karakter. Berdasarkan latar belakang tersebut dirumuskan empat permasalahan dalam penelitian ini, yaitu: (1) bagaimanakah nilai-nilai pendidikan karakter berkaitan dengan hubungan manusia dengan Tuhan (2) hubungan manusia dengan manusia lainnya (3) hubungan manusia dengan diri sendiri (4) bagaimanakah pembelajaran nilai-nilai pendidikan karakter novel “Rahim: Sebuah Dongeng Kehidupan” karya Fahd Djibran sebagai alternatif materi pembelajaran sastra di SMA kelas XII? Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kalimat-kalimat, paragraf-paragraf yang mengindikasikan tehadap nillai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Rahim: Sebuah Dongeng Kehidupan karya Fahd Djibran. Sumber data dalam penelitian adalah novel Rahim: Sebuah Dongeng Kehidupan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Intrumen penelitian adalah peneliti sendiri sebagai pengamat penuh. Prosedur penelitian meliputi tahap persiapan, tahap perencanaan, dan tahap penyelesaian. viii Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan, nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Rahim: Sebuah Dongeng Kehidupan, meliputi: pertama, kepercayaan kepada Tuhan melalui gerak dalam pertunjukan sirkus serta posisi kepala dan pantat dalam proses kelahiran manusia sebagai lambang penghormatan dan kepasrahan manusia terhadap Tuhannya, pengakuan kekuasaan Tuhan dengan cara berdoa, memohon, meminta kelancaran proses kelahiran anaknya dan dilimpahkan rejeki untuk membelikan anaknya sebuah sepeda baru. Kedua, peduli sesama yang ditunjukkan melalui perhatian suami terhadap kondisi istrinya sebagai wujud kasih sayang dan tanggung jawab, bersikap dermawan melalui berbagi cahaya lilin sebagai penjelasan tentang konsep memberi adalah mendapatkan lebih , kasih sayang orang tua terhadap anak yaitu kasih sayang suami-istri, dermawan, kasih sayang orang tua terhadap anak yaitu sosok ayah yang meskipun terlihat tidak peduli tetapi sebenarnya sangat mengkhawatirkan sesuatu yang terjadi pada anaknya; bersahabat, yaitu memotivasi orang lain untuk tetap fokus pada tujuan utama dalam mencapai cita-cita; cinta damai ditunjukkan melalui seorang anak bernama Trevor yang berniat untuk menularkan kebaikan. Ketiga, tanggung jawab terhadap pekerjaan dan tidak membiasakan diri menunda-nunda pekerjaan, pantang menyerah dalam proses mencapai suatu tujuan serta selalu optimis dan bersungguh-sungguh dalam suatu pekerjaan; disiplin terhadap waktu supaya manusia tidak menyesal telah kehilangan kesempatan dan pengetahuan; dan jujur pada kebenaran, digambarkan melalui sosok Aynu yang buta meminta kepada pengunjung untuk berjalan menutup mata dan menggunakan hati. Penelitian nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Rahim: Sebuah Dongeng Kehidupan karya Fahd Djibran pada kurikulum 2013 dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran apresiasi sastra di SMA kelas XII dalam mencapai kompetensi dasar “menganalisis teks novel baik melalui tulisan maupun lisan”, karena analisis ini memenuhi kriteria alternatif materi pembelajaran apresiasi sastra. Kriteria yang dimaksudkan adalah kriteria relevansi hasil penelitian dengan tujuan pendidikan, segi psikologis, dan segi pedagogis Berdasarkan pemaparan di atas, novel Rahim: Sebuah Dongeng Kehidupan mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang baik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai pendidikan karakter ini dapat dijadikan sebagai alternatif materi pembelajaran sastra. Berkaitan dengan hasil penelitian, diharapkan peneliti berikutnya dapat mengkaji lebih lanjut dengan menggunakan metode kajian yang berbeda. Bagi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, disarankan untuk mencoba mengakomodasikan hasil kajian ini sebagai analisis siswa dalam rangka memenuhi kompetensi dasar menganalisis unsur intrinsik sebuah novel.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPendidikan Karakteren_US
dc.titleNILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “RAHIM: SEBUAH DONGENG KEHIDUPAN” KARYA FAHD DJIBRANen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record