Show simple item record

dc.contributor.advisorMuchtar, Imam
dc.contributor.advisorKhutobah
dc.contributor.authorOctaviana, Winda
dc.date.accessioned2015-12-01T01:17:58Z
dc.date.available2015-12-01T01:17:58Z
dc.date.issued2015-12-01
dc.identifier.nim110210204078
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65224
dc.description.abstractPembelajaran pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan bertujuan untuk menanamkan sejak dini nilai moral dan norma agar menjadi masyarakat yang dapat melaksanakan hak dan kewajiban. Anak usia dini atau anak sekolah dasar memiliki karakteristik masih suka bermain, memiliki rasa ingin tahu yang besar dan mudah terpengaruh lingkungan, maka pembelajaran di SD diharapkan dapat menciptakan suasana kondusif dan menyenangkan, tidak selalu menggunakan metode ceramah dan penugasan saja. Guru diharapkan tahu kebutuhan siswa agar mampu merancang model pembelajaran yang variasi sehingga pembelajaran lebih aktif, kondusif dan menyenangkan serta bermakna. Menurut DePorter dan Hernacki (2011:14-15), model Quantum Learning merupakan pembelajaran yang membuat siswa aktif berinteraksi dan belajar tentang pengetahun dengan menggunakan permainan yang didukung lingkungan nyaman, serta dapat meningktakan hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu adakah pengaruh penerapan model Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKn pokok bahasan pengaruh globalisasi di SDN Sumbersari 01 Jember. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKn pokok bahasan pengaruh globalisasi di SDN Sumbersari 01 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember mulai tanggal 30 Maret 2015 sampai 20 April 2015. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember yang terdiri dari kelas ix IVA dan IVB yang berjumlah 84 siswa. Desain penelitian ini adalah pre-test post-test control group design untuk menentukan kelas eksperimen dan kontrol melalui pengundian, sebelum melakukan pengundian dilakukan uji homogenitas terlebih dahulu untuk mengetahui homogen tidaknya kemampuan awal kedua kelas tersebut dengan menggunakan nilai UAS semester gasal. Hasil perhitungan uji homogenitas dengan menggunakan SPSS mendapatkan harga 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 1,078, selanjutnya harga 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 dikonsultasikan dengan harga harga 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 , diketahui 𝑑𝑏𝑑 = 83 pada taraf signifikansi 5% sehingga nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,989. Berdasarkan nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,989 dan nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 1,078, maka 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 < 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 1,078 < 1,989. Diperoleh hasil bahwa tidak ada perbedaan mean yang signifikan antara kelas IVA dan IVB, hal ini menunjukkan tingkat kemampuan awal siswa sebelum diberikan perlakuan adalah homogen, untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara pengundian. Berdasarkan hasil pengundian tersebut kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Data yang dianalisis berupa beda nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen (IVA) dan kelas kontrol (IVB). Beda nilai pre-test dan post-test siswa dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus uji-t dengan menggunakan program SPSS dan manual diperoleh hasil yaitu 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 2,857, harga ini kemudian dikonsultasikan dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan db = 82 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh harga 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,989. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 2,857 > 1,989, dengan demikian hipotesis nihil (𝐻0) ditolak dan hipotesis alternatif (𝐻𝑎 ) diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKn pokok bahasan pengaruh globalisasi di SDN Sumbersari 01 Jember. Saran dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang model pembelajaran dan evaluasi pembelajaran kepada sekolah, guru, dan peneliti lain.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectQuantum Learningen_US
dc.titlePENGARUH PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN PENGARUH GLOBALISASI DI SDN SUMBERSARI 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record