dc.description.abstract | Menyimak merupakan keterampilan dasar dalam proses belajar bahasa.
Menyimak adalah mendengarkan dengan sengaja dan penuh perhatian dengan tujuan
untuk dapat memahami apa yang disampaikan. Kemampuan menyimak yang baik
penting dimiliki siswa karena mempengaruhi kemampuan siswa dalam
berkomunikasi yang merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran Bahasa
Indonesia. Kemampuan menyimak yang baik juga akan menjadikan siswa lebih
mudah memahami materi pelajaran yang disampaikan guru. Oleh karena itu
keterampilan menyimak siswa perlu senantiasa dilatih.
Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas II MI Sirojul Huda Rejoso
Pasuruan diketahui bahwa proses pembelajaran menyimak dongeng belum
berlangsung dengan baik dan banyak siswa yang kemampuan menyimaknya masih
belum baik. Dokumentasi nilai siswa menunjukkan bahwa 17 (65%) dari 26 siswa
kemampuan menyimaknya masih belum baik. Upaya yang dilakukan untuk
meningkatkan kemampuan menyimak dongeng siswa kelas II MI Sirojul Huda
Rejoso Pasuruan adalah dengan menggunakan video sebagai media pembelajaran.
Pemilihan video sebagai media didasarkan pada hasil wawancara bahwa siswa kelas
II MI Sirojul Huda umumnya suka menonton tayangan televisi.
Berdasarkan temuan tersebut, maka rumusan masalah dari penelitian ini,
yaitu: (1) Bagaimanakah proses penggunaan media video yang dapat meningkatkan
kemampuan menyimak dongeng pada siswa kelas II MI Sirojul Huda Rejoso
Pasuruan tahun pelajaran 2014/2015?; dan (2) bagaimanakah peningkatan
xi
kemampuan menyimak dongeng pada siswa kelas II MI Sirojul Huda Rejoso
Pasuruan tahun pelajaran 2014/2015 setelah digunakan media video?. Berdasarkan
rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk
mendeskripsikan proses penggunaan media video yang dapat meningkatkan
kemampuan menyimak dongeng pada siswa kelas II MI Sirojul Huda Rejoso
Pasuruan tahun pelajaran 2014/2015; dan (2) Untuk meningkatkan kemampuan
menyimak dongeng pada siswa kelas II MI Sirojul Huda Rejoso Pasuruan tahun
pelajaran 2014/2015 setelah digunakan media video.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas II di MI Sirojul Huda
Rejoso Pasuruan. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Proses penggunaan media video yang dapat meningkatkan kemampuan
menyimak dongeng adalah yang dibarengi dengan kecakapan guru dalam mengajar
dan menggunakan video. Guru harus memahamkan siswa tujuan digunakannya video
dalam pembelajaran.Video dapat meningkatkan kemampuan menyimak karena
dengan video siswa lebih bisa serius menyimak pelajaran (dongeng).
Peningkatan kemampuan menyimak dongeng siswa untuk kualifikasi sangat
baik dari 4 siswa (15,4%) meningkat menjadi 8 siswa (29,6%). Kualifikasi baik
meningkat dari 2 siswa (7,7%) menjadi 6 siswa (22,2%). Kualifikasi cukup baik
meningkat dari 1 siswa (3,8%) menjadi 5 siswa (18,5%). Berdasarkan hasil tersebut
disimpulkan bahwa penggunaan video sebagai media pembelajaran dapat
meningkatkan kemampuan menyimak dongeng siswa kelas II MI Sirojul Huda
Rejoso Pasuruan tahun pelajaran 2014/2015.
Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah dalam
memanfaatkan video sebagai media penunjang dalam kegiatan pembelajaran
menyimak maupun pembelajaran yang lain guru hendaknya dapat menyertainya
dengan kecakapan dalam mengajar dan memanfaatkan media pembelajaran. | en_US |