Show simple item record

dc.contributor.advisorWardayati, Siti Maria
dc.contributor.advisorWasito
dc.contributor.authorHARTININGRUM, LINA
dc.date.accessioned2015-12-01T00:27:14Z
dc.date.available2015-12-01T00:27:14Z
dc.date.issued2015-12-01
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65195
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan di PT. UMC Suzuki Jember yang beralamat di Jln. Hayam Wuruk No.2 Jember. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh persepsi karyawan atas pengendalian internal yang terdiri dari lingkungan pengendalian, penilaian resiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, dan pemantauan terhadap kinerja pada bagian penjualan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan pada PT. UMC Suzuki Jember. Sedangkan dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria seluruh karyawan bagian penjualan PT. UMC Suzuki Jember dengan jumlah 36 karyawan. Untuk mengukur variabel-variabel tersebut peneliti menyebarkan kuisioner kepada seluruh karyawan bagian penjualan PT. UMC Suzuki Jember. Hasil uji menunjukkan bahwa kualitas pertanyaan kuisioner telah valid dan reliabel. Dari hasil uji normalitas data-data yang digunakan telah memenuhi terdistribusi normal. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa data data tersebut tidak terjadi gejala multikolinearitas, dan tidak terjadi gejala heteroskedastisitas. Dari hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa Y = 1,410 + 0,163 X1 + 0,249 X2 + 0,188 X3 + 0,194 X4 + 0,168 X5 semua tanda setiap variabel menunjukkan positif, dengan demikian menunjukkan adanya hubungan yang positif antara X1, X2, X3, X4, X5 dengan Y. Secara parsial (uji t) variabel lingungan pengendalian, penilaian resiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, dan pemantauan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan bagian penjualan PT. UMC Suzuki Jember. Sedangkan uji koefisien determinasi menunjukkan sumbangan atau kontribusi dari lingkungan pengendalian, penilaian resiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikai, dan pemantauan secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan bagian penjualan adalah besar 0,811 atau 81,1%. Sedangkan sisanya 18,9% (100 % - 81,1% = 18,9%) dikontribusi oleh faktor lainnyaen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectlingkungan pengendalianen_US
dc.subjectpenilaian resikoen_US
dc.titlePENGARUH PERSEPSI KARYAWAN ATAS PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KINERJA PADA BAGIAN PENJUALAN PT. UMC SUZUKI JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record