PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA MEBEL UD. JATI INDAH DI JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi bauran
pemasaran pada mebel UD. Jati Indah di Jember. Obyek dalam penelitian ini adalah
mebel UD. Jati Indah. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik UD. Jati Indah
dan beberapa konsumen serta pelanggan yang bersedia untuk dijadikan narasumber.
Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alat
analisis yang digunakan adalah analisis domain dan analisis taksonomi. Analisis
domain yaitu alat yang digunakan untuk menganalisis gambaran-gambaran obyek
penelitian secara umum, sedangkan analisis taksonomi yaitu teknis yang terfokus
pada domain-domain tertentu kemudian memilah domain tersebut menjadi sub-sub
domain serta bagian-bagian yang lebih khusus dan terperinci.
Hasil penelitian menerangkan bahwa strategi bauran pemasaran yang
digunakan oleh UD. Jati Indah meliputi strategi produk (product), harga (price),
promosi (promotion), dan distribusi (distribution). Dalam menghasilkan produk agar
diterima oleh konsumen, UD. Jati Indah Kualitas produk mebel pada UD. Jati Indah
berbeda dengan mebel-mebel yang lainnya karena menekankan pada mutu kualitas
dan pengembangan produknya dari segi bentuk, jenis dan variasi ukirannya agar tetap
menjadi ciri khas dari produk yang dihasilkan sehingga mampu menarik minat
konsumen dan mempertahankan pelanggannya. Itulah yang membuat UD. Jati Indah
masih dapat menjaga keberlangsungan hidup usahanya hingga saat ini. Hal ini
terbukti dengan daerah pemasarannya yang tidak hanya di Jember saja namun sudah
memasuki kota lain seperti Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Surabaya dan kotakota
lainnya. Produk utama UD. Jati Idah yaitu perabotan internal rumah seperti
lemari, kursi ruang tamu, meja makan, meja rias, dipan, dan bufet.
Harga untuk setiap produk mebelnya di sesuaikan dengan dengan ukuran,
model, bentuk atau desain dan tingkat kesulitan dalam proses. Harga jual
dipertimbangkan sebaik mungkin dengan mengatur biaya produksi, keuntungan yang
ingin diambil serta biaya pemasarannya seperti biaya dalam proses pendistribusian
barang hingga sampai ke tangan konsumen. Kondisi perekonomian seperti kurs
rupiah yang semakin menurun dan harga BBM yang naik tentunya mempengaruhi
juga ongkos produksi.
Promosi merupakan elemen dari strategi bauran pemasaran yang diperlukan
untuk menarik minat konsumen. Dengan promosi dapat meciptakan pasar dan
menambah konsumen untuk berkunjung ke mebel UD. Jati Indah. Promosi yang
dilakukan UD. Jati Indah melalui personal selling, sales promotion dan sedikit
menggunakan iklan yaitu yellow pages pada awal mula berdiri.
Saluran distribusi pada UD. Jati Indah yaitu menggunakan saluran distribusi
langsung yaitu langsung menjualnya ke konsumen dan tidak menggunakan perantara
atau agen. Proses pendistribusian dilakukan dengan menggunakan mobil pickup dan
pemilik bertanggung jawab penuh hingga barang yang dikirim sampai ke rumah
konsumen. Apabila ada kerusakan selama proses pendistribusian maka barang akan di
poles dan diperbaiki kembali.