Show simple item record

dc.contributor.advisorSunardi
dc.contributor.advisorYuliati, Nanik
dc.contributor.authorDessy P.P., Renata
dc.date.accessioned2015-11-30T08:51:39Z
dc.date.available2015-11-30T08:51:39Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.nim110210204109
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65154
dc.description.abstractPembelajaran matematika tidak lepas dari komponen guru, perangkat pembelajaran, dan siswa. Untuk itu, guru harus mempersiapkan perangkat pembelajaran matematika sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Salah satu penyebab kurang optimalnya pembelajaran matematika, karena kurang digunakannya benda-benda konkret saat pembelajaran berlangsung. Untuk mengoptimalkan pembelajaran matematika perlu digunakan pendekatan yang sesuai dengan materi. Untuk itu, pendekatan konstruktivis digunakan dalam pembelajaran matematika sebagai dasar pengembangan perangkat pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan konstruktivis tema sejarah peradaban manusia materi sudut untuk kelas V SD. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan konstruktivis tema sejarah peradaban manusia materi sudut untuk kelas V SD. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), buku siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB) dengan pendekatan Konstruktivis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang beracuan pada model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimulai dengan menetapkan kebutuhan pembelajaran pada tahap pendefinisian. Tahap kedua adalah pembuatan kisi-kisi perangkat pembelajaran, kisi-kisi tes hasil belajar, dan merancang prototipe (draft I) perangkat pembelajaran. Tahap selanjutnya adalah proses pengembangan perangkat pembelajaran yang divalidasi oleh para ahli, kemudian dilaksanakan uji coba viii kelompok kecil dan perangkat pembelajaran direvisi sehingga diperoleh (draft II) yang telah layak untuk diujicobakan pada kelompok besar. Hasil ujicoba pada kelompok besar digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki kualitas perangkat pembelajaran dan hasilnya merupakan produk akhir yang siap disebarkan. Pada tahap akhir dilakukan penyebaran perangkat dengan cara memberikan perangkat pembelajaran pada siswa kelas V SDN Karangrejo 03 Jember serta menggunggahnya ke internet seperti blog, scribd, dan dropbox. Hasil pengembangan berupa perangkat pembelajaran meliputi RPP, buku siswa, LKS, dan THB dengan kualitas baik, karena memenuhi tiga kriteria yaitu: a) valid, dengan koefisien validitas RPP, buku siswa, LKS, dan THB berturut-turut 4,52; 4,5; 4,41; dan 4,5 sehingga keempat perangkat pembelajaran tersebut dikatakan layak digunakan; b) praktis, dilihat dari persentase aktivitas guru selama menggunakan perangkat pembelajaran berupa RPP dan buku siswa yang mencapai rata-rata 93,54%. Kepraktisan juga dapat dilihat dari siswa yang menggunakan perangkat pembelajaran berupa buku siswa dan LKS saat pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis; c) efektif, diperoleh dari hasil analisis: (1) persentase aktivitas belajar siswa dengan menggunakan pendekatan konstruktivis, pada pertemuan pertama mencapai 83,33% dan pertemuan kedua meningkat mencapai 84,09% yang menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa, (2) persentase respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran dan proses pembelajaran ‚ 80%, (3) lebih dari 70% siswa di kelas V SDN Karangrejo 03 Jember memperoleh skor ‚ 70 yang menunjukkan tingkat penguasaan terhadap materi baik (4) THB layak digunakan, dengan validitas butir soal yang menunjukkan interpretasi tinggi dan derajat reliabilitasnya tinggi. Saran terhadap penelitian ini agar lebih mampu mengatur waktu dalam proses pembuatan perangkat pembelajaran dan bermanfaat untuk penelitian-penelitian selanjutnyaen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPendekatan Konstruktivisen_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Konstruktivis Tema Sejarah Peradaban Manusia Materi Sudut untuk Kelas V SDen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record