dc.description.abstract | Pembelajaran matematika tidak lepas dari komponen guru, perangkat
pembelajaran, dan siswa. Untuk itu, guru harus mempersiapkan perangkat
pembelajaran matematika sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Salah satu
penyebab kurang optimalnya pembelajaran matematika, karena kurang digunakannya
benda-benda konkret saat pembelajaran berlangsung. Untuk mengoptimalkan
pembelajaran matematika perlu digunakan pendekatan yang sesuai dengan materi.
Untuk itu, pendekatan konstruktivis digunakan dalam pembelajaran matematika
sebagai dasar pengembangan perangkat pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses dan hasil
pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan konstruktivis
tema sejarah peradaban manusia materi sudut untuk kelas V SD. Tujuan penelitian ini
untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran
matematika dengan pendekatan konstruktivis tema sejarah peradaban manusia materi
sudut untuk kelas V SD. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), buku siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS),
dan Tes Hasil Belajar (THB) dengan pendekatan Konstruktivis.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang beracuan pada model
Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimulai dengan menetapkan kebutuhan
pembelajaran pada tahap pendefinisian. Tahap kedua adalah pembuatan kisi-kisi
perangkat pembelajaran, kisi-kisi tes hasil belajar, dan merancang prototipe (draft I)
perangkat pembelajaran. Tahap selanjutnya adalah proses pengembangan perangkat
pembelajaran yang divalidasi oleh para ahli, kemudian dilaksanakan uji coba
viii
kelompok kecil dan perangkat pembelajaran direvisi sehingga diperoleh (draft II)
yang telah layak untuk diujicobakan pada kelompok besar. Hasil ujicoba pada
kelompok besar digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki kualitas perangkat
pembelajaran dan hasilnya merupakan produk akhir yang siap disebarkan. Pada tahap
akhir dilakukan penyebaran perangkat dengan cara memberikan perangkat
pembelajaran pada siswa kelas V SDN Karangrejo 03 Jember serta menggunggahnya
ke internet seperti blog, scribd, dan dropbox.
Hasil pengembangan berupa perangkat pembelajaran meliputi RPP, buku siswa,
LKS, dan THB dengan kualitas baik, karena memenuhi tiga kriteria yaitu:
a) valid, dengan koefisien validitas RPP, buku siswa, LKS, dan THB berturut-turut
4,52; 4,5; 4,41; dan 4,5 sehingga keempat perangkat pembelajaran tersebut
dikatakan layak digunakan;
b) praktis, dilihat dari persentase aktivitas guru selama menggunakan perangkat
pembelajaran berupa RPP dan buku siswa yang mencapai rata-rata 93,54%.
Kepraktisan juga dapat dilihat dari siswa yang menggunakan perangkat
pembelajaran berupa buku siswa dan LKS saat pelaksanaan pembelajaran dengan
pendekatan konstruktivis;
c) efektif, diperoleh dari hasil analisis:
(1) persentase aktivitas belajar siswa dengan menggunakan pendekatan
konstruktivis, pada pertemuan pertama mencapai 83,33% dan pertemuan kedua
meningkat mencapai 84,09% yang menunjukkan adanya peningkatan keaktifan
belajar siswa, (2) persentase respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran
dan proses pembelajaran ‚ 80%, (3) lebih dari 70% siswa di kelas V SDN
Karangrejo 03 Jember memperoleh skor ‚ 70 yang menunjukkan tingkat
penguasaan terhadap materi baik (4) THB layak digunakan, dengan validitas butir
soal yang menunjukkan interpretasi tinggi dan derajat reliabilitasnya tinggi.
Saran terhadap penelitian ini agar lebih mampu mengatur waktu dalam proses
pembuatan perangkat pembelajaran dan bermanfaat untuk penelitian-penelitian
selanjutnya | en_US |