• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA SDN ROGOTRUNAN 01 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    Rochiqul Machthumah - 110210204044_may.pdf (6.365Mb)
    Date
    2015-11-30
    Author
    Machthumah, Rochiqul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    IPA berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam semesta secara sistematis, bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta, konsep, atau prinsip saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi menemukan dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Namun pembelajaran IPA di SDN Rogotrunan 01 Lumajang lebih bersifat teacher centered yang mengakibatkan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Rendahnya aktivitas belajar siswa disebabkan oleh metode pembelajaran yang konvensional yaitu menggunakan metode ceramah dan penugasan; siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran; siswa hanya menerima pengetahuan yang diberikan guru; siswa kurang berani mengemukakan ide, gagasan, ataupun pendapat; dan siswa lebih senang berbicara dengan teman sebangkunya daripada mendengarkan penjelasan guru. Rendahnya aktivitas siswa selama proses pembelajaran menyebabkan hasil belajar IPA siswa kelas VA SDN Rogotrunan 01 Lumajang rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan pembelajaran IPA tersebut adalah dengan penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana melalui metode pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas VA xii di SDN Rogotrunan 01 Lumajang tahun pelajaran 2014/2015?. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana melalui metode pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas VA SDN Rogotrunan 01 Lumajang tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan siklus model Hopkins. Komponen yang ada dalam siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SDN Rogotrunan 01 Lumajang yang berjumlah 28 siswayang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana di SDN Rogotrunan 01 Lumajang. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal berada dalam kriteria aktif dengan persentase 60, 71%. Pada siklus II, persentase aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 88,75%. Peningkatan persentase aktivitas belajar siswa dari siklus I le siklus II sebesar 28,04 %. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 73,2 dan pada siklus II sebesar 82,23 sehingga mengalami peningkatan sebesar 9,03. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VA pokok bahsan pesawat ederhana di SDN Rogotrunan 01 Lumajang. Saran dari penelitian ini bagi guru adalah dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran IPA perlu adanya variasi metode pembelajaran seperti metode inkuiri terbimbing agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65153
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository