Show simple item record

dc.contributor.advisorSuhartiningsih
dc.contributor.advisorSatrijono, Hari
dc.contributor.authorAnggraeni, Pramita Dian
dc.date.accessioned2015-11-30T08:47:22Z
dc.date.available2015-11-30T08:47:22Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.nim110210204098
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65151
dc.description.abstractPembelajaran bahasa Indonesia tidak lepas dari komponen guru, perangkat pembelajaran, serta siswa. untuk itu guru harus mempersiapkan perangkat pembelajaran bahasa Indonesia yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Salah satu penyebab kurang berjalannya pembelajaran bahasa Indonesia karena kurang digunakannya benda-benda konkret saat pembelajaran berlangsung yang mudah dipahami siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah a) Bagaimanakah pengembangan materi ajar bahasa Indonesia kelas III semester 2 SDN 02 Kemuning Kidul? b)Bagaimanakah pengembangan media pembelajaran bahasa Indonesia kelas III semester 2 SDN 02 Kemuning Kidul ditinjau dari materi ajar? Dan tujuan penelitian ini adalah a) Untuk mendeskripsikan pengembangan perangkat pembelajaran materi ajar untuk kelas III SD. b) Untuk mendeskripsikan pengembangan perangkat pemebelajaran media pembelajaran untuk kelas III SD. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi materi ajar dan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang beracuan pada model thiagarajan, Sammel dan Semmel yang dimulai dengan menetapkan kebutuhan pembelajaran pada tahap pendefinisian, tahap kedua pembuatan kisikisi perangkat pembelajaran, dan merancang prototype (draft I) perangkat pembelajaran. Tahap selanjutnya adalah proses pengembangan perangkat pembelajaran yang divalidasi oleh para ahli kemudian dilaksanakan uji coba kelompok kecil dan perangkat pembelajaran direvisi dan diperoleh hasil (draf II) yang telah layak untuk diujicobakan pada kelompok besar. Hasil ujicoba pada kelompok besar digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki kualitas xi perangkat pembelajaran dan hasilnya merupakan produk akhir yang siap disebarkan. Pada tahap akhir dilakukan penyebaran dengan cara memberikan pembelajaran ke siswa kelas III SDN Kemuningsari Kidul 02 Jenggawah serta mengunggahnya ke internet. Hasil pengembangan berupa perangkat pembelajaran yang meliputi materi ajar dan media pembelajaran, karna memenuhi tiga kriteria yaitu: a) valid, dengan koefisien validitas materi ajar dan media pembelajaran berturutturut 4,35; dan 4,59 sehingga kedua perangkat pembelajaran tersebut dikatakan layak digunakan; b) praktis, diperoleh dari analisis persentase aktivitas guru model selama pembelajaran. Dilihat dari pertemuan pertama sampai pertemuan keenam menjadi 90, 90, 91,4, 91,4, 92,85, 92,85 yang menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran mudah untuk digunakan; c) Efektif, diperoleh dari hasil analisis; (1) Persentase aktivitas belajar siswa dengan menggunakan pendekatan kontekstual, pada pertemuan pertama sampai pertemuan keenam 81,53%, 81,92%, 83,45%, 84,99%, 85,76%, dan 86,91% yang dikategorikan baik (2) persentase respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran dan proses pembelajaran yaitu ≥ 80%, yang menunjukkan respon siswa terhadap perangkat pembelajaran sangat tinggi. Saran terhadap penelitian ini supaya dikembangkan kembali dan semoga dapat menjadi salah satu refrensi agar pembelajaran lebih menyenangkan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPerangkat Pembelajaranen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN: MATERI AJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SEMESTER 2 SDN 02 KEMUNINGSARI KIDUL JEMBER TAHUN 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record