dc.description.abstract | Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di kelas VA SDN
Sumbersari 03 Jember, kemampuan menulis puisi siswa masih rendah yang
ditandai dengan siswa kesulitan dalam pemilihan diksi sehingga diksi yang
digunakan siswa kurang mengandung unsur keindahan dan kurang bermakna, serta
banyak di antara puisi dari siswa tidak memiliki judul yang tepat sehingga tidak
sesuai dengan tema. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis
puisi siswa kelas VA SDN Sumbersari 03 Jember adalah dengan menerapkan
teknik mind mapping (peta pikiran) dengan lingkungan sebagai sumber belajar agar
siswa dapat dengan mudah memperoleh kata-kata untuk menulis puisi.
Berdasarkan temuan tersebut, maka disusunlah rumusan masalah dari
penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimanakah penerapan teknik mind mapping (peta
pikiran) dengan lingkungan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran menulis
puisi yang dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VA di SDN
Sumbersari 03 Jember; dan (2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis
puisi siswa kelas VA melalui penerapan teknik mind mapping (peta pikiran)
dengan lingkungan sebagai sumber belajar di SDN Sumbersari 03 Jember.
Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini yaitu: (1)
Untuk mendeskripsikan penerapan teknik mind mapping (peta pikiran) dengan
lingkungan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran menulis puisi yang dapat
meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VA di SDN Sumbersari 03
xii
Jember; dan (2) Untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VA
melalui penerapan teknik mind mapping (peta pikiran) dengan lingkungan sebagai
sumber belajar di SDN Sumbersari 03 Jember.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA dan guru kelas VA di
SDN Sumbersari 03 Jember. Rancangan penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
model spiral Hopkins yang berbentuk siklus. Pengumpulan data menggunakan
metode wawancara, tes, dan dokumentasi.
Penerapan teknik mind mapping (peta pikiran) dengan lingkungan sebagai
sumber belajar yang dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi adalah melalui
tiga tahap, yaitu tahap pra menulis, menulis, dan revisi. Pra menulis yaitu
membimbing siswa dalam melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitar
siswa dan dalam pembuatan mind mapping (peta pikiran); menulis yaitu
membimbing siswa memilih kata-kata yang akan ditulis dalam puisinya bedasarkan
pengembangan mind mapping (peta pikiran); serta revisi yaitu memberikan
pendapat maupun saran terhada puisi yang telah dibuat oleh siswa.
Kemampuan menulis puisi siswa kelas VA SDN Sumbersari 03 Jember
mengalami peningkatan sebesar 13,34% dari prasiklus ke siklus I, 17,70% dari
siklus I ke siklus II, dan 31,04% dari prasiklus ke siklus II. Rata-rata nilai yang
diperoleh siswa kelas VA pada prasiklus adalah 70,67, meningkat menjadi 74,83
pada siklus I, dan mengalami peningkatan kembali menjadi 82,03 pada siklus II.
Berdasarkan hasil perbandingan tersebut, penerapan teknik mind mapping (peta
pikiran) dengan lingkungan sebagai sumber belajar dapat meningkatkan
kemampuan menulis puisi siswa kelas VA SDN Sumbersari 03 Jember tahun
pelajaran 2014/2015.
Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah guru-guru
hendaknya menerapkan teknik mind mapping (peta pikiran) dengan lingkungan
sebagai sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia, maupun pada mata pelajaran lain. | en_US |