Show simple item record

dc.contributor.advisorBektiarso, Singgih
dc.contributor.advisorAgustiningsih
dc.contributor.authorFATIMAH
dc.date.accessioned2015-11-30T07:23:07Z
dc.date.available2015-11-30T07:23:07Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.nim110210204068
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65115
dc.description.abstractIPA merupakan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis untuk menguasai pengetahuan, fakta-fakta, konsep-konsep, prinsip-prinsip, proses penemuan, dan memiliki sikap ilmiah. Belajar IPA bukan hanya sekedar menghafal teori-teori saja melainkan juga menggunakan berbagai keterampilan proses IPA. Tetapi dalam kenyataan, di SDN Tangsil Kulon 02 dalam pembelajaran IPA masih mengajarkan dan menghafalkan teori. Selain itu, proses dalam belajar IPA masih belum tampak. Oleh karena itu dibutuhkan suatu altenatif pendekatan, strategi atau model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran IPA. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang berorientasi pendekatan konstruktivis yaitu dengan menerapkan Model Pembelajaran CLIS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitasdan hasil belajar siswa kelas III pada Sub Pokok Bahasan Energi melalui penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS)di SDN Tangsil Kulon 02 Bondowoso tahun ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III pada Sub Pokok Bahasan Energi melalui penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS)di SDN Tangsil Kulon 02 Bondowoso tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah adaptasi model skema Hopkins yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Kulon 02 Kecamatan Tenggarang berjumlah 22 orang siswa yang terdiri dari 17 laki-laki dan 5 perempuan. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, xii wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Berdasarkan hasil observasi awalterhadap aktivitas belajar siswa bahwa aktivitas belajar siswa terhadap pembelajaran IPA sebesar 31,82%. Jumlah siswa sangat aktif 3 siswa, aktif 4 siswa, cukup aktif 7 siswa dan kurang aktif 8 siswa dari jumlah keseluruhan 22 siswa. Pada tahap siklus I rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 54,54%. Pada tahap siklus I jumlah siswa sangat aktif 12 siswa, aktif 5 siswa, cukupaktif 4 siswa, dankurangaktif 1 siswa. Rata-rata aktivitas siswa siklus II meningkat menjadi 95,45% dengan jumlah siswa sangat aktif 21 siswa dan aktif 1 siswa. Jadi dapat disimpulkan peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar dari tahap prasiklus ke siklus I sebesar22,72%, sedangkan peningkatan rata-rata persentase aktivitas siswa tahap siklus I ke siklus II sebesar 40,91%. Hasil belajar pada tahap prasiklus ialah jumlah siswa kategori sangat baik 1 siswa, baik 2 siswa, cukup baik 6 siswa, kurang baik 3 siswa, dan tidak baik 10 siswa. Pada tahap siklus I jumlah siswa kategori sangat baik 4 orang, baik 6 orang, cukup baik 5 orang, kurang baik 3 orang, dan tidak baik 4 orang. Rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 71 dengan persentase hasil belajar klasikal 68,18%. Pada tahap siklus II jumlah siswa kategori sangat baik 9 siswa, baik 6 siswa, cukup baik 4 siswa, kurang baik 2 siswa, dan tidak baik 1 siswa. Rata-rata hasil belajar siklus II sebesar 82 dengan persentase hasil belajar klasikal 81,82%. Jadi dapat disimpulkan bahwa persentase peningkatan hasil belajar dari tahap prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 27,18%, sedangkan dari tahap siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 13,64%. Kesimpulan dalam penelitian ini penerapan model pembelajaran CLIS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III pada pokok bahasan Energi dalam pembelajaran IPA. Saran dalam penelitian ini adalah dengan melihat adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa, diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran CLIS sebagai alternatif dalam proses pembelajaran IPA.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS)UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA POKOK BAHASAN ENERGI DI SDN TANGSIL KULON 02 BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record