dc.description.abstract | Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di kelas IVB SDN
Sumbersari 01 Jember, hasil belajar menulis karangan siswa masih rendah. Hal ini
ditandai dengan rendahnya kemampuan siswa dalam menemukan ide yang akan
ditulis, rendahnya kemampuan siswa dalam memadukan hubungan antar kalimat,
rendahnya kemampuan siswa dalam penggunaan ejaan dan tanda baca yang benar.
Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar menulis karangan deskripsi
siswa kelas IVB SDN Sumbersari 01 Jember adalah dengan menerapkan
pembelajaran kontekstual berbantuan media poster. Pemilihan pembelajaran
kontekstual dikarenakan pembelajaran tersebut mengaitkan materi ajar dengan
kehidupan nyata siswa. Penggunaan media poster digunakan untuk mempermudah
siswa dalam memunculkan ide karangan.
Berdasarkan temuan tersebut, maka disusunlah rumusan masalah dari
penelitian ini, yaitu; (1) bagaimanakah proses penerapan pembelajaran kontekstual
berbantuan media poster untuk meningkatkan hasil belajar menulis karangan
deskripsi pada siswa kelas IVB SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran
2014/2015?; dan (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar menulis karangan
deskripsi pada siswa kelas IVB SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran
2014/2015 dengan menerapkan pembelajaran kontekstual berbantuan media
poster?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini
yaitu: (1) untuk mendeskripsikan proses penerapan pembelajaran kontekstual
berbantuan media poster untuk meningkatkan hasil belajar menulis karangan
deskripsi pada siswa kelas IVB SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran
xii
2014/2015; dan (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVB SDN
Sumbersari 01 Jember dalam menulis karangan deskripsi melalui penerapan
pembelajaran kontekstual berbantuan media poster.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVB SDN Sumbersari 01
Jember tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa sebanyak 43 anak.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan
jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode
wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.
Penerapan pembelajaran kontekstual berbantuan media poster untuk
meningkatkan hasil belajar menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IVB SDN
Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015 dilakukan dengan menerapkan
konsep pembelajaran kontekstual yakni konstruktivisme (constructivism),
menemukan (inquiry), bertanya (questioning), masyarakat belajar (learning
community), pemodelan (modelling), refleksi (reflection), dan penilaian yang
sebenarnya (authentic assesment). Media poster digunakan saat tahap pemodelan
untuk mempermudah siswa mengembangkan ide pemikiran dalam membuat
karangan deskripsi. Hasil belajar yang dinilai meliputi beberapa kriteria yakni
kesesuaian isi paragraf dengan topik, kesesuaian isi paragraf dengan kerangka
karangan, penggunaan kalimat yang koherensi (padu), pilihan kata, ejaan dan tanda
baca.
Hasil belajar menulis karangan deskripsi siswa setelah diterapkan
pembelajaran kontekstual berbantuan media poster mengalami peningkatan. Pada
prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 48,17%. Pada siklus I ke
siklus II mengalami peningkatan sebesar 19,18%. Peningkatan sebesar 67,35%
terjadi dari tahap prasiklus ke siklus II. Rata-rata nilai yang diperoleh siswa kelas
IVB pada prasiklus adalah 63,9. Pada siklus I rata-rata tersebut meningkat menjadi
72,1. Rata-rata hasil belajar siswa kembali meningkat pada siklus II menjadi 76,8.
Berdasarkan hasil perbandingan tersebut membuktikan bahwa penerapan
pembelajaran kontekstual berbantuan media poster dapat meningkatkan hasil
xiii
belajar menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IVB SDN Sumbersari 01
Jember tahun pelajaran 2014/2015.
Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah guru-guru
hendaknya menerapkan pembelajaran kontekstual berbantuan media poster pada
mata pelajaran Bahasa Indonesia, maupun pada mata pelajaran lain. | en_US |