• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT ( TGT ) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS TEMA PERMAINAN PADA SISWA KELAS III DI SDN YOSOWILANGUN LOR 01 LUMAJANG

    Thumbnail
    View/Open
    Ainul Yulia Mawadah - 110210204120_may.pdf (3.053Mb)
    Date
    2015-11-30
    Author
    Mawaddah, Ainul Yulia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Guru dituntut merealisasikan kemampuannya secara optimal dalam proses pembelajaran. Pemilihan strategi dalam proses pembelajaran IPS sangat diperlukan agar materi yang disampaikan dapat diterima siswa dengan baik dan lebih efektif, sehingga motivasi dan hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil observasi awal yaitu data angket, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan peneliti di SDN Yosowilangun Lor 01 Lumajang diketahui, bahwa motivasi dan hasil belajar masih tergolong rendah. Guru belum mengoptimalkan metode yang telah digunakan, kurang memberikan pembelajaran yang inovatif, menyenangkan sehingga pembelajaran kurang berkesan dan bermakna. Berdasarkan permasalahan di lapangan, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) dalam pembelajaran IPS Tema Permainan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III di SDN Yosowilangun Lor 01 Lumajang . Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran IPS Tema Permainan di SDN Yosowilangun Lor 01 Lumajang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di SDN Yosowilangun Lor 01 Lumajang dengan jumlah siswa 24 yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan ix Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, angket, dokumentasi, dan tes. Hasil observasi motivasi dan hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah perolehan skor rata-rata motivasi belajar dan hasil belajar siswa mencapai kategori tinggi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan skor rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 47,1, meningkat menjadi 56,1 (kategori cukup) pada siklus I, dan pada siklus II semakin meningkat menjadi 86,6 (kategori sangat tinggi). Skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 59,3 sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 60 (kategori cukup baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 81,1 (kategori sangat baik). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Salah satu saran yang berkaitan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) bagi guru kelas yaitu diharapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Torunament (TGT) dapat dijadikan bahan pertimbangan variasi model pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Guru kelas sebaiknya memberikan varian baru, inovatif, serta kreatif dalam mengemas pembelajaran. Saran bagi peneliti lain yaitu hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi yang berbeda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65102
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository