Pengaruh Penggunaan Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Sistem Pencernaan dan Pernapasan Siswa Kelas V SD Al Baitul Amien Jember Tahun Pelajaran 2014/2015
Abstract
Salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam proses belajar mengajar
adalah media pembelajaran. Pemilihan dan penggunaan media pembelajaran yang
sesuai dengan materi pembelajaran akan memberikan pembelajaran yang bermakna
bagi Siswa. Macromedia flash menyediakan fasilitas untuk menampung pokokpokok
pembicaraan yang akan disampaikan pada peserta didik. Dengan fasilitas
animasi, suatu slide dapat dimodifikasi dengan menarik. Begitu juga dengan adanya
fasilitas : front picture, sound dan effect dapat dipakai untuk membuat suatu slide
yang menarik. Macromedia flash diharapkan dapat memberikan hasil pembelajaran
yang maksimal kepada siswa. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui adanya pengaruh penggunaan macromedia flash terhadap hasil belajar
siswa kelas V.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan pola pre-test
post-test control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VA dan VB SD Al Baitul Amien Jember. Sebelum menentukan kelas
eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan uji homogenitas terhadap populasi
untuk menentukan tingkat kemampuan awal yang dimiliki. Hasil perhitungan uji
homogenitas menunjukkan harga = 1.22 kemudian harga tersebut
dibandingkan dengan harga dengan 𝑑𝑏 = 56 pada taraf signifikansi 5%.
Nilai dengan 𝑑𝑏 = 56 memiliki harga 1.85. Hasil tersebut membuktikan bahwa
ix
< yang berarti kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah
homogen. Selanjutnya dilakukan undian untuk menentukan kelas eksperimen dan
kelas kontrol, didapatkan kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas
eksperimen.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang
merupakan data utama dalam penelitian ini. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test
dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan
dengan rumus uji-t diperoleh = 4.433 harga ini kemudian dibandingkan
dengan dengan db = 56 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh =
1.85. Diperoleh > (4.433 > 1.85), dengan demikian hipotesis nihil
( ) yang berbunyi tidak ada pengaruh penggunaan macromedia flash terhadap hasil
belajar pokok bahasan sistem pencernaan dan pernapasan siswa kelas V SD Al Baitul
Amien tahun pelajarn 2014/2015 ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi
ada pengaruh penggunaan macromedia flash terhadap hasil belajar pokok bahasan
sistem pencernaan dan pernapasan siswa kelas V SD Al Baitul Amien tahun pelajarn
2014/2015 diterima.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh penggunaan macromedia flash terhadap hasil belajar pokok bahasan
sistem pencernaan dan pernapasan siswa kelas V SD Al Baitul Amien tahun pelajarn
2014/2015. Macromedia flash ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu
media pembelajaran yang tepat pada pembelajaran IPA dan dapat digunakan oleh
guru-guru sebagai media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi pendidikan dan
materi pelajaran guna meningkatkan mutu para pendidik dan peserta didik, serta
dapat memberikan wawasan, masukan dan bahan pertimbangan dalam penelitian
selanjutnya.