• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA SISWA KELAS IIB SDN PATRANG 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    110210204029_Yunitasari_may.pdf (3.188Mb)
    Date
    2015-11-30
    Author
    Yunitasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas IIB SDN Patrang 01 Jember masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa permasalahan antara lain: (1) siswa banyak yang tidak memperhatikan temannya bercerita di depan, (2) tidak dapat menyampaikan pendapat secara lancar, dan (3) masih banyak siswa yang tidak mempunyai ide atau tidak tahu apa yang akan disampaikan saat guru meminta pendapatnya. Guru juga tidak menggunakan media dalam pembelajaran. Usaha untuk mengatasi permasalahan di atas adalah guru sebaiknya menggunakan media yang bervariasi dan sesuai dengan materi pembelajaran. Salah satu contoh media pembelajaran yang dapat digunakan adalah boneka tangan. Umumnya siswa SD kelas rendah masih sangat menyukai boneka. Apabila siswa diberi boneka secara tidak langsung akan mengajak berbicara atau membuat boneka tersebut seolah-olah dapat berbicara. Oleh karena itu, boneka tangan dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah penerapan media boneka tangan pada pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas IIB SDN Patrang 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015? dan 2) bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IIB pada pembelajaran Bahasa Indonesia setelah menggunakan media boneka tangan di SDN Patrang 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015?. x Berdasarkan rumusan masalah tersebut tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan penerapan media boneka tangan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan berbicara pada siswa kelas IIB SDN Patrang 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015 dan 2) untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media boneka tangan pada siswa kelas IIB SDN Patrang 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IIB dengan jumlah 36 siswa, terdiri atas 17 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil dan pembahasan dalam penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan media boneka tangan pada pembelajaran Bahasa Indonesia menceritakan kembali cerita anak yang didengar dilaksanakan dengan cara; (a) guru menceritakan cerita anak dengan menggunakan boneka tangan, (b) siswa mengerjakan LKS, (c) siswa menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan kata-kata sendiri menggunakan media boneka tangan, (d) siswa yang duduk memberikan tanggapan dan komentar terhadap penampilan temannya. Kegiatan pembelajaran pada siklus I berjalan cukup baik, namun terdapat beberapa masalah dalam pembelajaran tersebut. Masalah-masalah yang terjadi pada siklus I tidak terjadi lagi pada siklus II. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan media boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IIB SDN Patrang 01 Jember. 2) Peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IIB setelah menggunakan media boneka tangan yaitu secara klasikal persentase ketuntasan nilai keterampilan berbicara siswa yang telah memenuhi KKM (≥ 66) pada prasiklus sebanyak 58% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 14% menjadi 72%, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 17% menjadi 89%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan media boneka tangan keterampilan berbicara siswa kelas IIB SDN Patrang 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015 meningkat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65083
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository