• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TEMA CITA-CITAKU POKOK BAHASAN SUDUT PADA SEGITIGA DAN SEGIEMPAT UNTUK KELAS IV SD

    Thumbnail
    View/Open
    110210204020_Eis Putri Wahyudi_may.pdf (5.705Mb)
    Date
    2015-11-30
    Author
    Wahyudi, Eis Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perangkat pembelajaran merupakan komponen penting yang harus dipersiapkan guru sebelum pembelajaran dimulai. Salah satu penyebab pembelajaran matematika tidak disukai adalah keabstrakan objek dan anggapan bahwa matematika itu sulit, maka dari itu pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) diterapkan dan dijadikan dasar mengembangkan perangkat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Tema Cita-citaku Pokok Bahasan Sudut pada Segitiga dan Segiempat untuk Kelas IV SD; 2) untuk mendeskripsikan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Tema Cita-citaku Pokok Bahasan Sudut pada Segitiga dan Segiempat untuk Kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), buku siswa, Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB) yang berorientasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Proses pengembangan dimulai dengan menetapkan kebutuhan pembelajaran pada tahap pendefinisian. Setelah itu pada tahap perancangan dibuat kisi-kisi perangkat, kisi-kisi Tes Hasil Belajar, dan merancang draft I perangkat pembelajaran. Pada tahap pengembangan dilakukan penilaian para ahli terhadap draft I perangkat pembelajaran dan uji coba kelompok kecil untuk mengetahui kelayakan perangkat, kemudian dilakukan revisi sehingga menghasilkan draft II. viii Selain itu juga dilakukan uji coba kelompok besar untuk memperoleh data tentang kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan serta untuk mengetahui validitas dan reliabilitas THB. Uji coba kelompok besar dilakukan di kelas IV-B SDN Ajung 03 dengan subjek penelitian sebanyak 31 siswa. Hasil uji coba digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki kualitas perangkat pembelajaran dan hasilnya merupakan produk akhir yang siap disebarkan. Tahap penyebaran dilakukan dengan cara memberikan sampel perangkat kepada siswa yang menjadi subjek penelitian, serta mengunggahnya ke internet. Hasil pengembangan berupa perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, buku siswa, LKS, dan THB dengan kualitas baik karena memenuhi tiga kriteria, yaitu: 1) valid dengan koefisien validitas RPP, buku siswa, LKS, dan THB berturutturut 0,92; 0,84; 0,94; dan 0,87 sehingga keempat perangkat dapat dikatakan baik; 2) praktis, terbukti dari persentase aktivitas guru model dan aktivitas siswa selama pelaksanaan pembelajaran menunjukkan kategori baik. Pada pertemuan pertama aktivitas guru mencapai persentase sebesar 88,57% dan pada pertemuan kedua aktivitas guru mendapatkan persentase sebesar 91,43%. Sedangkan aktivitas siswa berkategori baik, pada pertemuan pertama diperoleh persentase sebesar 81,47% dan pada pertemuan kedua sebesar 91,95%; 3) efektivitas pembelajaran baik, diperoleh dari hasil analisis: a) 83,90% siswa yang mengikuti THB memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 60 yang berarti tuntas atau penguasaan terhadap materi pokok bahasan sudut pada segitiga dan segiempat; dan b) THB layak digunakan, terbukti dari koefisien korelasi validitas tiap butir soal berturut-turut 0,62; 0,63; 0,60; 0,73; 0,88; dan 0,61 serta reliabilitasnya 0,732, yang berarti interpretasi keduanya tinggi. c) respon siswa terhadap pembelajaran baik, rata-rata 96,5% subjek yang diteliti memberikan respon positif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65079
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository