• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Materi Sifat-Sifat Persegi Panjang, Persegi, dan Segitiga Kelas III SD

    Thumbnail
    View/Open
    Fiyandari Muharromah - 110210204060.pdf (6.131Mb)
    Date
    2015-11-30
    Author
    Muharromah, Fiyandari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Guru memegang peranan penting dalam proses pelaksanaan pembelajaran di kelas dan paling bertanggungjawab atas mutu pendidikan anak didiknya. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 berkaitan dengan standar proses mengisyaratkan guru diharapkan dapat mengembangkan perencanaan pembelajaran. Hasil wawancara menunjukkan bahwa fakta di sekolah dasar adalah guru mengandalkan perangkat pembelajaran yang sudah jadi. Guru berpedoman pada perangkat yang dibuat oleh pemerintah maupun lembaga lain tanpa melihat kesesuaian perangkat itu dengan karakteristik dan latar belakang siswa yang terlihat pada permasalahan atau soal-soal di buku siswa yang tidak sesuai dengan konteks siswa kelas III SD Negeri Gebang 03 Jember. Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah yang ada, maka penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) materi sifat-sifat persegi panjang, persegi, dan segitiga kelas III SD, dan (2) menghasilkan perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) materi sifat-sifat persegi panjang, persegi, dan segitiga kelas III SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan didasarkan pada model Thiagarajan yang dimulai dengan menetapkan kebutuhan pembelajaran pada tahap pendefinisian. Langkah berikutnya yaitu merancang prototipe (draft I) perangkat pembelajaran yang dimulai dengan membuat kisi-kisi perangkat pembelajaran dan merancang alat evaluasi, pemilihan media dan format serta perancangan awal. Proses pengembangan selanjutnya adalah x validasi serta uji coba perangkat pembelajaran di kelas III SD Negeri Gebang 03 Jember. Berdasarkan hasil penelitian dan validasi, perangkat pembelajaran direvisi dan hasilnya dinamakan draft II yang layak untuk diujicobakan. Hasil uji coba digunakan sebagai saran untuk memperbaiki kualitas perangkat pembelajaran dan hasilnya merupakan produk akhir yang siap disebarkan. Hasil pengembangan berupa perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan RME materi sifat-sifat persegi panjang, persegi, dan segitiga kelas III SD yang terdiri atas RPP, buku siswa, LKS, dan THB yang telah dikategorikan baik karena memenuhi tiga kriteria yaitu: a) valid dengan koefisien validitas RPP, buku siswa, LKS dan THB > 0,80 yaitu berturut-turut mencapai 0,89; 0,88; 0,90; dan 0,91. Tingkat kevalidan tersebut menunjukkan bahwa perangkat layak untuk digunakan; b) praktis yang ditunjukkan dari persentase aktivitas guru model selama tiga pertemuan yaitu pertemuan pertama mencapai 82,5%; pertemuan kedua mencapai 87,5%, dan pertemuan ketiga mencapai 88,75%. Kepraktisan perangkat pembelajaran menandakan perangkat mudah digunakan oleh guru; c) efektif yang diperoleh dari hasil analisis: (a) persentase aktivitas belajar siswa yang berkategori baik dari pertemuan 1, 2, dan 3 yaitu 84%, 80%, dan 87%, (b) persentase respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran dan proses pembelajaran yaitu > 80%, (c) lebih dari 80% siswa kelas III SD Negeri Gebang 03 Jember mendapat skor ≥ 60 dan validitas butir soal tes hasil belajar menunjukkan interpretasi tinggi dan derajat reliabilitasnya tinggi. Efektifitas tersebut membuktikan bahwa perangkat pembelajaran dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran pada materi sifat-sifat persegi panjang, persegi, dan segitiga.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65075
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository