• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STRUKTUR ANATOMI BATANG TUMBUHAN XEROFIT, MESOFIT DAN HIDROFIT SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Yuli Agustini_1.pdf (204.1Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    Yuli Agustini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fakta di lapangan menunjukkan bahwa pengetahuan siswa SMA terhadap ilmu-ilmu IPA terutama biologi khususnya mengenai struktur tumbuhan, masuk sub konsep jaringan tumbuhan umumnya belum banyak didukung dengan pengamatan langsung pada objek aslinya. Pada umumnya siswa hanya mengandalkan dari apa yang ada di dalam buku teks saja, sehingga pembelajaran kurang efektif. Untuk mengatasi kemungkinan hambatan-hambatan yang terjadi selama proses penafsiran dan agar pembelajaran dapat berlangsung secara efektif, maka sedapat mungkin dalam penyampaian pesan (isi/ materi ajar) harus dibantu dengan sumber belajar yang telah dirancang dan sesuai dengan tujuan, materi, karakteristik sumber belajar, fasilitas pendukung dan waktu yang tersedia. Sumber belajar yang dapat diambil dari lingkungan untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran struktur tumbuhan salah satunya adalah dengan menggunakan media asli mati misalnya preparat anatomi dari organ suatu tumbuhan. Diharapkan dengan pemanfaatan sumber belajar berupa media tersebut, proses komunikasi dalam kegiatan belajar mengajar akan berlangsung lebih efektif dan efisien (Gagne, 1985). Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana struktur anatomi batang pada tumbuhan xerofit, mesofit dan hidrofit; (2) untuk mengetahui apakah struktur anatomi batang tumbuhan xerofit, mesofit dan hidrofit yang berupa produk LKS dapat dijadikan sumber belajar biologi di SMA. Penelitian ini terdiri dari dua tahap, tahap pertama adalah pembuatan preparat permanen yang nantinya dihasilkan produk berupa LKS. Tahap pertama dilaksanakan di Laboratorium Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Jember. Tahap kedua adalah uji produk yang dilaksanakan di empat SMA, yaitu SMAN 1 Pujer; SMAN 1 Grujugan; SMAN 1 Tamanan; SMAN Plus Sukowono. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2011. Hasil penelitian pada tahap pertama menunjukkan bahwa struktur anatomi batang tumbuhan xerofit, mesofit dan hidrofit mempunyai jaringan penyusun batang yang sama yaitu terdiri dari jaringan epidermis, korteks, empulur dan jaringan pembuluh yang terdiri dari floem dan xylem. Batang xerofit memiliki kutikula yang tebal; mempunyai empulur; korteks dan epidermis yang cukup tebal dan jaringan pembuluhnya terdapat pada tepian empulur yang lebar, batang tumbuhan mesofit memiliki kutikula namun lebih tebal pada tumbuhan xerofit; jaringan pembuluhnya terdapat pada tepian empulur; ada yang tersebar di bagian empulur, sedangkan batang tumbuhan hidrofit memiliki kutikula yang sangat tipis; memiliki lebih dari satu aerenkim dan jaringan pembuluhnya terdapat pada tepian empulur dan ada yang tersebar. Hasil penelitian pada tahap kedua yaitu uji produk diperoleh rerata skor 3, 30 yang berarti bahwa produk LKS dapat digunakan sebagai sumber belajar biologi yang baik di SMA. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) struktur anatomi batang tumbuhan xerofit, mesofit dan hidrofit mempunyai jaringan penyusun batang yang sama yaitu terdiri dari jaringan epidermis, korteks, empulur dan jaringan pembuluh yang terdiri dari floem dan xylem. Batang xerofit memiliki kutikula yang tebal; mempunyai empulur; korteks dan epidermis yang cukup tebal, batang tumbuhan mesofit memiliki kutikula namun lebih tebal pada tumbuhan xerofit, sedangkan batang tumbuhan hidrofit memiliki kutikula yang sangat tipis; memiliki lebih dari satu aerenkim; (2) Hasil uji produk LKS di 4 SMA dengan jumlah 8 responden memperoleh hasil rerata skor 3,3 dari nilai maksimal 4. Dari hasil tersebut dapat diartikan bahwa struktur anatomi batang tumbuhan xerofit, mesofit dan hidrofit yang berupa produk LKS dapat dijadikan sebagai sumber belajar biologi di SMA pada pokok bahasan struktur tumbuhan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6506
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15350]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository