• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Media Video Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKN Pokok Bahasan Globalisasi Di Kelas IV SDN Tugusari 04 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    110210204006_RATIH AYU WULANDARI_may.pdf (5.926Mb)
    Date
    2015-11-30
    Author
    WULANDARI, Ratih Ayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Terdapat permasalahan yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam proses belajar mengajar PKn di kelas IV SDN Tugusari 04 Jember. Permasalahan tersebut yaitu aktivitas belajar siswa masih belum mencapai kategori baik atau masih dalam kategori cukup baik. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran di kelas masih didominasi oleh guru, guru umumnya hanya menggunakan metode ceramah (penuturan secara lisan tentang materi yang diajarkan), tanya jawab, penugasan dan guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran yang mengakibatkan kurangnya penguasaan siswa terhadap materi pelajaran sehingga dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diterapkan model pembelajaran talking stick dengan media video dalam pembelajaran PKn pokok bahasan globalisasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran talking stick dengan media video dapat meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pokok bahasan globalisasi di kelas IV SDN Tugusari 04 Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn pokok bahasan globalisasi melalui penerapan model pembelajaran talking stick dengan media video di SDN Tugusari 04 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tugusari 04 Jember dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang siswa yang terdiri atas 11 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan metode pengumpulan data yang ix digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklusnya terdiri dari dua pertemuan dengan menerapkan model pembelajaran talking stick dan media video dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran talking stick dan media video mengalami peningkatan. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 43% dengan kategori cukup aktif, mengalami peningkatan sebesar 24% pada siklus I. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 67% dengan kategori aktif dan pada siklus II sebesar 75,83% dengan kategori aktif. Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 8,83%. Hasil belajar siswa selama pembelajaran PKn pokok bahasan globalisasi melalui penerapan model pembelajaran talking stick (tongkat bicara) dan media video juga mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 62, mengalami peningkatan sebesar 7,16 pada siklus I. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69,16 dan pada siklus II sebesar 74,56 sehingga mengalami peningkatan sebesar 5,4. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran talking stick dengan media video dalam pembelajaran PKn pokok bahasan globalisasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tugusari 04 Jember. Saran yang dapat diberikan, yaitu guru hendaknya lebih kreatif dalam memilih model dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi ajar sehingga dapat menunjang keefektifan proses pembelajaran yang membuat siswa aktif dan tertarik untuk belajar. Dan penerapan model pembelajaran talking stick dengan media video dapat dijadikan salah satu pembelajaran alternatif sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sedangkan bagi peneliti lain bisa digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan penelitian dengan subjek dan materi yang berbeda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65058
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository