• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Pkn Pokok Bahasan Pengaruh Globalisasi di SDN Tegal Gede 01 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Andriani Viki Nuritasari - 110210204025.pdf (6.283Mb)
    Date
    2015-11-30
    Author
    Nuritasari, Andriani Viki
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran akan berlangsung dengan baik apabila guru dapat menggunakan pendekatan pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk berperan aktif dalam proses belajar mengajar, dapat meningkatkan potensi intelektual siswa, dan agar pengalaman siswa dalam proses menemukan sesuatu yang baru menjadi lebih berkembang. Proses belajar mengajar di sekolah, yang diharapkan mampu mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan salah satu pendekatan pembelajaran open-ended. Penerapan pendekatan open-ended dalam pembelajaran PKn yaitu dengan memberikan permasalahan terbuka tentang masalah kewarganegaraan yang memiliki solusi bervariasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penerapan pendekatan open-ended terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKn pokok bahasan pengaruh globalisasi di SDN Tegal Gede 01 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atau dampak dari penerapan pendekatan open-ended terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKn pokok bahasan pengaruh globalisasi di SDN Tegal Gede 01 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegal Gede 01 Jember. Subyek pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Tegal Gede 01 Jember yang terdiri dari kelas IVA dan IVB yang berjumlah 71 siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain penelitian ini adalah pre-test post-test control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, tes dan dokumentasi, ix namun metode wawancara dan observasi tidak digunakan untuk menganalisis hasil belajar. Analisis data yang digunakan berupa beda nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Menentukan kelas eksperimen dan kontrol melalui pengundian, sebelum melakukan pengundian dilakukan uji homogenitas terlebih dahulu untuk mengetahui homogen tidaknya kemampuan awal kedua kelas tersebut dengan menggunakan nilai UTS semester genap. Hasil perhitungan uji homogenitas dengan menggunakan SPSS mendapatkan harga , selanjutnya harga dikonsultasikan dengan harga harga , diketahui pada taraf signifikansi 5% sehingga nilai = 1,997. Berdasarkan nilai = 1,997 dan nilai , maka < yaitu 1,555 < 1,997. Diperoleh hasil bahwa tidak ada perbedaan mean yang signifikan antara kelas IVA dan IVB, hal ini menunjukkan tingkat kemampuan awal siswa sebelum diberikan perlakuan adalah homogen. Berdasarkan hasil pengundian tersebut kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Data yang dianalisis berupa beda nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen (IVB) dan kelas kontrol (IVA). Beda nilai pre-test dan post-test siswa dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus uji-t dengan menggunakan program SPSS diperoleh hasil yaitu , harga ini kemudian dikonsultasikan dengan dengan db = 69 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh harga Berdasarkan analisis tersebut diperoleh > yaitu > , dengan demikian hipotesis nihil ( ) ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan pendekatan open-ended terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKn pokok bahasan pengaruh globalisasi di SDN Tegal Gede 01 Jember. Pendekatan open-ended ini diharapkan menjadi alternatif pembelajaran inovatif bagi guru, bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai bahan rujukan untuk penelitian selanjutnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65036
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository