Show simple item record

dc.contributor.advisorHendrawijaya, A.T.
dc.contributor.advisorIndrianti, Deditiani Tri
dc.contributor.authorNingrum, Fitriyah
dc.date.accessioned2015-11-30T03:24:55Z
dc.date.available2015-11-30T03:24:55Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.nim110210201040
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65034
dc.description.abstractUsia awal lahir sampai dengan memasuki pendidikan dasar merupakan masa keemasan sekaligus masa kritis dalam tahapan kehidipan manusia, yang akan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Masa ini merupakan masa tepat untuk meletakkan dasar bagi kemampuan fisik, bahasa, sosial emosional, konsep diri, seni, moral dan nilai-nilai agama. Sehingga upaya pengembangan seluruh potensi anak usia dini harus dimulai agar pertumbuhan dan perkembangan anak tercapai secara optimal terutama perkembangan kognitif. Proses perkembangan kognitif anak berhubungan dengan merangsang seluruh aspek kecerdasan anak melalui bermain yang terararah , dan merangsang anak untuk aktif, kreatif, dam terus berpikir dengan menggunakan pengalamannya sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah hubungan model pembelajaran sentra dengan perkembangan kognitif anak usia 4 – 5 tahun di Pos PAUD Catleya 62 Kabupaten Jember tahun 2015? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan model pembelajaran sentra dengan perkembangan kognitif anak usia 4 – 5 tahun di Pos PAUD Catleya 62 Kabupaten Jember tahun 2015. Adapun manfaat penelitian ini sebagai refrensi teoritis bagi program pendidikan luar sekolah khususnya program pendidikan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Tempat yang dijadikan sebagai tempat penelitian adalah POS PAUD Catleya 62 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Penentuan daerah penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Teknik penentuan x responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah populasi. Populasinya adalah kelas B yang berusia 4 - 5 tahun di Pos PAUD Catleya 62 yang berjumlah 13 subyek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan daftar cek (Check List) merupakan salah satu instrumen penelitian yang biasanya digunakan sebagai alat bantu dalam pengumpulan data dengan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan korelasi tata jenjang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa terdapat hubungan model pembelajaran sentra dengan perkembangan kognitif anak usia 4 – 5 tahun di Pos PAUD Catleya 62 Kabupaten Jember tahun 2015. Hasil yang di dapat dalam penelitian ini diperoleh r hitung sebesar 0,979 nilai tersebut lebih besar dari r tabel yakni sebesar 0,544 untuk N=13 dengan taraf kepercayaan 95% sebesar 0,914. Oleh karena itu hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah signifikan, dalam artian hipotesis nihil (Ho) ditolak sedangkan hipotesis kerja (Ha) diterima. Sedangkan hasil korelasi tertinggi yang diperoleh dalam penelitian ini pada model pembelajaran sentra terhadap klasifikasi dan interpretasi yaitu sebesar 0,979, pada indikator sentra persiapan anak terhadap perkembangan kognitif sebesar 0,898, pada indikator sentra alam terhadap perkembangan kognitif sebesar 0,898, pada indikator model pembelajaran sentra terhadap interpretasi sebesar 0,979, pada indikator pola interaksi antar anggota keluarga terhadap toleransi sebesar 0,535, pada indikator model pembelajaran sentra terhadap klasifikassi 0,979. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan model pembelajaran sentra dengan perkembangan kognitif anak usia 4 – 5 tahun di Pos PAUD Catleya 62 Kabupaten Jember tahun 2015. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti untuk lembaga Pos PAUD Cateleya 62, hendaknya dapat menambah tenaga profesional dan media pemebelajaran sentra, karena sumberdaya yang berkualitas akan menunjang maju dan berkembangnya suatu lembaga serta bermacamnya media yang tersedia membuat anak lebih bervariasi dalam permainan untuk mengembangkan kemampuan kreativitasnya, dan senantiasa melakukan evaluasi secara berkala terhadap proses kegiatan belajar dan bermain di lembaga Pos PAUD Catleya 62.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPembelajaran Sentraen_US
dc.titleHUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4 - 5 TAHUN DI POS PAUD CATLEYA 62 KABUPATEN JEMBER TAHUN 2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record