dc.description.abstract | Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar
memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman,
produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. Guru diharapkan
memiliki kesiapan dalam perubahan ini, yaitu memiliki kreativitas lebih dalam
mengolah pembelajaran di kelas, sehingga tujuan pembelajaran tersebut tercapai.
Salah satunnya adalah penenerapan model pembelajaran peta konsep melalui media
gambar. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya
pengaruh penerapan model pembelajaran peta konsep melalui media gambar
terhadap hasil belajar siswa kelas IV.
Penelitian ini dilakukan di SDN Klompangan 02 Ajung sejak tanggal 11
Februari sampai tanggal 24 Februari 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimental sebenarnya atau true experimental dengan pola pre-test post-test
control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan IVB
SDN Klompangan 02 Ajung. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas
kontrol, maka dilakukan uji homogenitas terhadap populasi untuk menentukan
tingkat kemampuan awal yang dimiliki. Hasil perhitungan uji homogenitas
menunjukkan harga 𝑡0 = -0,162, kemudian harga 𝑡0 tersebut dibandingkan dengan
harga 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan 𝑑𝑏 = 54 pada taraf signifikansi 5%. Nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan 𝑑𝑏 =
54 memiliki harga 2,005. Hasil tersebut membuktikan bahwa 𝑡0 < 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yang berarti
kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Selanjutnya
ix
dilakukan undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, didapatkan
kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang
merupakan data utama dalam penelitian ini. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test
dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan
dengan rumus uji-t diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 2,739, harga ini kemudian dibandingkan
dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan db = 54 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 =
2,005. Diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (2,739 > 2,005), dengan demikian hipotesis nihil
(𝐻0) yang berbunyi tidak ada pengaruh penerapan model pembelajaran peta konsep
melalui media gambar tehadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Klompangan 02
Ajung Jember ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh
penerapan model pembelajaran peta konsep melalui media gambar tehadap hasil
belajar siswa kelas IV SDN Klompangan 02 Ajung Jember diterima.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh penerapan model pembelajaran peta konsep melalui media gambar tehadap
hasil belajar siswa kelas IV SDN Klompangan 02 Ajung Jember. Model
pembelajaran ini diharapkan menjadi model pembelajaran yang tepat pada kurikulum
2013 sehingga dapat digunakan oleh guru-guru di Sekolah Dasar dengan
menyesuaikan kompetensi yang akan diajarkan sehingga tujuan pembelajaran
tersebut tercapai serta dapat memberikan wawasan, masukan dan bahan
pertimbangan dalam penelitian selanjutnya. | en_US |