PERAN GURU DALAM KEBERHASILAN PROGRAM UKGS
Date
2015-11-30Author
Sari, Desi Sandra
Arina, Yuliana Mahdiyah Daat
Ermawati, Tantin
Metadata
Show full item recordAbstract
Usaha kesehatan gigi sekolah (UKGS) merupakan usaha untuk meningkatkan derajad
kesehatan gigi dan mulut para siswa sekolah dasar. Kegiatan UKGS meliputi dental
education dan pemeriksaan gigi dan mulut. Program ini biasanya di lakukan oleh tenaga
kesehatan Puskesmas setempat, tetepi karena terbatasnya tenaga kesehatan maka program ini tidak berjalan maksimal. Dalam pelaksanaannya UKGS dibantu oleh guru, guru merupakan kunci utama untuk merubah tingkah laku anak didiknya sehingga peranan guru tersebut sangat menentukan berhasilnya UKGS. Metode dalam menilai peran guru dalam keberhasilan program UKGS dengan menilai pretes dan postes soal pengetahuan kesehatan gigi dan mulut, mengevalusi ketrampilan guru dalam mengisi kartu status kipas gigi, menilai tingkat kebersihan gigi dan mulut siswa dengan indeks OHI-S. Data yang diperoleh di analisis secara diskriptif. Hasil total pretes dan postes yang diperoleh dari jumlah guru 48 orang yang mengikuti penyuluhan dan pelatihan ini sebanyak 30 guru mendapat nilai diatas 60, dan sisanya 18 mendapat nilai dibawah 60 tetapi tidak ada yang mendapat nilai 0. Kemampuan guru dalam menjawab soal kesehatan gigi dan mulut lebih dari 50% mendapat nilai diatas 60.